Hadiri Fashion Show Tigo Tungku Sajarangan Bupati Tanah Datar Berikan Apresiasi 

84

Padangexpo.com, Tanah Datar -Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, SE, MM sangat mengapresiasi fashion show batik Minangkabau hasil rancangan dari perancang busana nasional sekaligus Founder of Sun Summit Riza Rozana yang juga merupakan puteri asli dari Tanah Datar tersebut.

Fashion show yang juga dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH, Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi, Bupati Sisa Masa Jabatan 2021 Zuldafri Darma beserta isteri, Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Ketua IKA DPRD Ny. Frida Roni Mulyadi, Ketua Dekranasda Kota Sawah Lunto, Owner Emersia Group Merry Warti Syarif, Owner Baiturrahma, Ketua Indo Jolito Peduli, sesepuh Minang dan Undangan lainnya tersebut, dibuka resmi Bupati Eka Putra, Rabu malam (29/11) di Ball Room Emersia Hotel dan Resort Batusangkar.

Dikatakan Bupati Eka Putra, mengatakan kesuksesan yang dicapai oleh designer kenamaan asal Tanah Datar Riza Rozana yang akrab disapa Onang ini merupakan suatu kebanggaan baginya tersendiri baginya.

“Bagi seorang designer untuk sampai di titik seperti sekarang tidaklah mudah. Alhamdulillah, keberhasilan di perantauan dibuktikan saat ini dengan menggelar fashion show bertajuk Tigo Tungku Sajarangan ini di kampung halaman,” ujarnya.

Bupati Eka Putra menyebut, fashion show ini mengangkat kekhasan daerah dan budaya daerah khususnya Tanah Datar dan Sumatera Barat secara umumnya dikancah nasional bahkan internasional.

“Apresiasi ini juga banyak datang dari perantau di berbagai wilayah di Indonesia dan semoga ini dapat menginspirasi generasi muda Tanah Datar untuk berkarya,”tambahnya.

Bupati Eka Putra juga mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan perantau Tanah Datar yang tidak pernah lupa untuk membangun kampung halaman.

BACA JUGA :  Baru Dilantik Sehari, Kapolres Tanah Datar Jum'at Curhat di Simpuruik

Disampaikannya, kegiatan ini juga dapat menunjang pariwisata Tanah Datar, melestarikan keanekaragaman budaya dimana saat ini terdapat 168 destinasi wisata di Tanah Datar yang terus dipromosikan dan pada tahun 2023 ini target kunjungan lebih 2 juta wisatawan datang ke Tanah Datar dan di Bulan Desember ini akan ada iven besar yaitu Festival Pesona Minangkabau yang juga akan dihadiri Minangdiaspora dari berbagai negara di dunia.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi juga sampaikan rasa syukur dan mendo’akan agar Onang terus sukses berkiprah di nasional bahkan internasional.

“Kita do’akan bagaimana cita-cita Onang untuk membangun kampung halaman bisa tercapai, sejauh terbangnya bangau, pulangnya ke kubangan juga, sejauh kita merantau ingat juga membangun kampung halaman,” sampainya.

Sebelumnya Riza Rozana juga menyampaikan rasa syukur kepada Allah.SWT dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang telah mendukung terselenggaranya fashion show tersebut.

Segelumit dari kisah Onang seorang anak kecil yang memiliki mimpi besar, Riza Rozana seorang designer tanah air yang berasal dari kota Batusangkar, pergi merantau untuk mewujudkan mimpi, ketika itu sudah terwujud Ia kembali ke kota masa kecilnya itu, untuk memberikan sebuah dedikasi ke tanah kelahirannya.

Dikatakan Onang batiknya terinspirasi dari Kota Batusangkar, keindahan alam dam cerita-cerita indah di dalamnya. Dan pada saat fashion show Tigo Tungku Sajarangan ini khusus menampilkan koleksi bernuansa Batusangkar. (Dwi)