Ini Pendapat Rony Mulyadi Dt.Bungsu Tentang Progul Satu Nagari Satu Event

152

Padangexpo, Tanah Datar-Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM membuka secara resmi Progul Satu Nagari Satu Event, Festival Pesona Budaya Singgahan Alang Nagari Singgalang Kecamatan X Koto di lapangan Sikadunduang, Sabtu (18/11).
Pada acara tersebut , hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, H. Rony Mulyadi, SE Dt.Bungsu beserta istri dan anggota DPRD lainnya.

Pada sesi wawancara, Rony Mulyadi yang biasa di sapa Angku Rony menjelaskan bahwa Progul Satu Nagari Satu Event ini sangat bagus untuk mengenalkan dan mengembalikan adat budaya yang sempat menguap oleh modernisasi zaman.

“Kegiatan Progul Satu Nagari Satu Event di Nagari Singgalang ini dengan tema Pesona Budaya Pasinggahan Alang ini sangat bagus, kenapa demikian, karena menurut saya sampai maksud dan tujuan pemerintah daerah yaitu untuk mengembalikan adat budaya, kesenian dan memang kebutuhan masyarakat mungkin yang selama ini tidak tersentuh oleh pemerintah, tidak ketahuan pemerintah seperti contoh Pak Eka selaku Bupati melihat bagaimana masyarakatnya mengangkat dan membawa barang sayuran Lobak Singgalang yang memang udah ternama, memikulnya dari bukit turun menuju ke bawah, di mana sementara anggaran pemerintahan kita sendiri banyak untuk pengembangan jalan usaha tani, sebagaimana untuk mempermudah proses pertanian baik daripada menanam sampai masa panen,” papar Angku Rony.

“Di sanalah di acara Pasinggahan Alang terbuka mata pemerintah daerah maupun dari pemerintah dan legislatif dimana memang masyarakat kita memerlukan jalan usaha tani, dan di tampilkan juga kesenian anak nagari mulai dari silek bahkan tari kolosal Lobak Singgalang,” lanjutnya.

Kemudian, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar tersebut melanjutkan bahwa terkait pembangunan jalan yang sudah di janjikan Bupati pada kata sambutannya kemaren, Angku Rony sangat menantikan hal tersebut.

BACA JUGA :  Untuk Lakukan Kajian Lebih Intensif, Camat Rambatan Serahkan Hasil Ketetapan Musrenbang Kepada Anggota DPRD Tanah Datar

“Itu sangat amat kita elu-elukan. Sangat kita harapkan sebab memang dari anggota dewan sendiri, Pak Afrizal Dt. Lenggang selama ini sudah di usahakan di masukkan anggaran dari pokirnya sedikit demi sedikit, pun itu tidak mencukupi sedangkan ini memang perlu campur tangan full dari pemerintah daerah sendiri maupun dari anggaran APBD ataupun dari DAK Pusat nantinya,” sambungnya.

“Kami sebagai DPRD dan saya selaku Ketua berharap tentu antara pemerintah nagari, kecamatan, OPD sampai ke legislatif dan sampai ke Bupati nantinya harus tetap sinkron, tentu dengan kegiatan Satu Event Satu Nagari ini sendiri, mari pak Bupati, kami pun Insyaallah tidak akan menyanggah malah kalau bisa nambah anggaran kegiatan tersebut,” tutup Rony Mulyadi Dt. Bungsu. (Dwi)