Jalin Silaturahmi dan Sharing Penanganan Isu Strategis, Bupati Tanah Datar Studi Komparatif ke Samarinda

95

Padangexpo.com, Samarinda-Demi menjalin silaturahmi dan sharing penanganan isu strategis di daerah, Bupati Eka Putra, SE, MM. pimpin rombongan Forkopimda Kabupaten Tanah Datar untuk melakukan studi komparatif ke Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

Kehadiran Bupati dan rombongan di kantor Balaikota Samarinda pada Senin (27/11) disambut langsung oleh Walikota H. Andi Harun bersama forkopimda Kota Samarinda, Sekda Kota Samarinda H. Hero Mardanus Satyawan, dan juga Kepala OPD terkait.

Walikota Samarinda H. Andi Harun dalam penyambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Bupati Tanah Datar dan rombongan.

Menurutnya, kunjungan satu daerah ke daerah lain dalam rangka studi komparatif ini bukan berarti daerah yang dikunjungi itu lebih baik, namun mungkin memiliki kelebihan lain sehingga bisa saling berbagi dan berdiskusi.

Selain itu, Wako Andi juga menyampaikan pasca pandemi covid 19 Kota Samarinda saat ini sudah berkembang cukup pesat sebagai daerah niaga dan industri yang berada di tepian sungai Mahakam.

“Kota Samarinda dengan luas wilayah 716,96 km² dengan jumlah penduduk 859.360 selama 3 tahun berturut-turut capaian IPM nya masuk dalam kelompok sangat tinggi dan selalu lebih tinggi dari provinsi Kalimantan Timur,” ujarnya.

H. Andi juga mengatakan Samarinda sebagai kota niaga dan industri saat ini juga banyak dilirik oleh para investor, sehingga kondisi ini semakin mendukung proses pembangunan daerah.

Sementara, pada kesempatan yang sama Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Samarinda yang telah menyempatkan waktunya untuk menyambut kedatangannya bersama rombongan.

“Alhamdulillah, pak Walikota mau menyempatkan waktu untuk menyambut kedatangan kami. Saya kesini bersama rombongan Forkopimda Kabupaten Tanah Datar diantaranya ada pak Dandim Letkol CZI. Sutrisno, pak Kajari Otong Hendra Rahayu, pak Ketua Pengadilan Hanifzar, Asisten Pemerintahan dan Kesra pak Elizar, Kakan Kesbangpol, Kabag Umum, Kabag Prokopim, Pasi Intel Kodim Lettu CHB Arisko, KBO Sat Intel Polres Tanah Datar Iptu. Arfinus dan rombongan lainnya,” sampai Bupati Eka sambil memperkenalkan seluruh rombongan.

BACA JUGA :  Hadiri Pati Ambalau, Ini Harapan Bupati Tanah Datar

Selanjutnya, Bupati Eka juga memperkenalkan berbagai potensi yang ada di kabupaten Tanah Datar, terutama di bidang pertanian dan pariwisata.

“Kabupaten Tanah Datar itu tidak seperti daerah lain yang memiliki banyak sumber daya alam, namun kami dianugerahi oleh Allah sebuah keindahan alam yang sangat luar biasa dan lahan pertanian yang sangat subur. Sehingga sebagian besar masyarakat kami berpenghasilan sebagai petani, mulai dari petani tanaman pangan, perkebunan dan juga perikanan,” terangnya.

Dikenal sebagai Luhak Nan Tuo, tambah Bupati, Kabupaten Tanah Datar juga memiliki objek wisata yang beragam, mulai dari objek wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya sampai kepada objek wisata minat khusus.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Eka Putra juga tidak lupa mengundang Walikota Samarinda bersama seluruh jajarannya untuk datang dan berkunjung ke kabupaten Tanah Datar. (Dwi)