Jorong Paling Rajin Pungut Pajak Bakal ‘Dihadiahi’ Pemkab

111

Padangexpo.com, Padang Aro – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menjamin akan memberikan reward kepada Kepala Jorong dengan pungutan pajak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang mencapai 100%. Ini merupakan bentuk stimulasi pemerintah untuk mendorong pendapatan daerah yang berasal dari pajak bumi dan bangunan.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam Rapat Koordinasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (27/11/2023).

“Kami akan memberikan reward kepada Nagari dan Jorong yang dapat mencapai 100% Pungutan pajak PBB-P2 dan tentunya akan ada evaluasi kepada jorong dan nagari yang masih rendah capaiannya,” kata Khairunas siang ini.

Bupati menyampaiikan bahwa pungutan pajak ini menjadi salah satu kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah. Namun sayangnya, hingga 31 Oktober 2023 lalu penerimaan dari PBB-P2 baru terealisasi sebesar 34,66% dari target Rp 2,71 miliar.

“Kondisi ini sangat memprihatinkan karena tidak berbanding lurus dengan hak yang diperoleh nagari berupa dana DD, ADD, DBH-PRD yang nota bene bersumber dari penerimaan pajak dan lain-lain,” jelasnya.

Untuk itu, Bupati mengharapkan hingga akhir tahun ini Camat dan Wali Nagari untuk bersama-sama dengan Kepala Jorong untuk melakukan pemungutan secara intensif sampai dengan Desember 2023 dan melanjutkan validasi data PBB-P2 untuk masing-masing nagari.

Secara tegas juga pemerintah meminta kepada Wali Nagaari untuk memberikan sanksi administrasi bagi perangkat nagari yang tidak menjalankan tugas pokok dan fungsinya, khususnya dalam pemungutan PBB-P2.

Rakor ini diikuti oleh Wali Nagari, Kepala Jorong, dan Kepala OPD Se Kabupaten Solok Selatan.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan Pengukuhan Persatuan Pensiunan Indonesia (PPI) Kabupaten Solok Selatan Periode 2023-2028.

BACA JUGA :  Plt.Bupati Solsel, Abdul Rahman : Berharap Putaran Uang dari BLT, Bermanfaat Untuk Masyarakat Solsel

Bupati menyampaikan apresiasinya kepada PPI Solok Selatan yang walaupun secara kedinasan sudah dinyatakan purna tugas, namun semangat dan dedikasi untuk membangun kabupaten ini tidak pernah padam.

“Semangat Bapak Ibu PPI ini menjadi kebanggaan serta harus menjadi motivasi bagi para ASN yang masih aktif bertugas agar dua kali lebih giat dan bekerja keras lagi dalam membangun Kabupaten Solok Selatan,” papar Khairunas.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh anggota PPI atas dedikasinya kepada Solok Selatan.

“Mudah-mudahan silaturahmi antar pegawai tidak terputus dan kini ada wadah untuk memberikan masukan positif untuk daerah ke depannya,” kata Zigo. (CSR)