Komisi III DPRD Kabupaten Siak Lakukan Kunker ke Diskominfo Kota Bukittinggi Terkait Sistem BUkittinggi Hebat

223

padangexpo.com (Bukittinggi)

Komisi III DPRD Kabupaten Siak laksanakan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bukittinggi. Rombongan diterima Plt Kadis Diskominfo, di Bukittinggi Command Center (BCC), Kamis (16/11-23).

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Siak, Oloan Munthe menjelaskan, kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Siak ke Diskominfo Kota Bukittinggi, untuk mengetahui efektifitas SBH (Sistem Bukittinggi Hebat) dalam penyelenggaraan pemerintah yang tanggap.

“Kami mendengar Bukittinggi sudah melaunching SBH. Sistem yang dibuat untuk mengintegrasikan seluruh informasi dalam satu aplikasi. Ini bisa jadi.referensi bagi kami di Siak, untuk dapat diterapkan juga, sehingga dapat pemerintahan yang tanggap,” jelas Oloan Munthe.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bukittinggi, Suryadi, didampingi Kabid Aplikasi dan Informatika, Rahmat serta Kabid Statistik dan IKP, Ramon Arisa Putra, menjelaskan, Pemko Bukittinggi telah melaunching Sistem Bukittinggi Hebat (SBH) pada 9 Oktober 2023 lalu. Namun, proses perencanaan dan penyusunannya sudah berjalan sejak 2021 lalu. Seluruh data yang dimiliki oleh SKPD akan terintegrasi dengan SBH.

“Ini memang buah hasil pemikiran dari Bapak Wali Kota Bukittinggi sejak awal menjabat dulu. Ide itu, fmemang sejalan dengan cita cita Diskominfo, sehingga setelah disusun, dapat dilaunching pada Oktober 2023.

Kita sudah lakukan satu kali entri data. Artinya, seluruh data yang telah diinput oleh SKPD, bisa langsung terinput atau ditarik oleh SBH. Dengan demikian, setiap SKPD hanya.lakukan satu kali input data dan siapapun yang membutuhkan data itu, bisa diakses melalui SBH,” jelas Suryadi.

Suryadi mengatakan, Sistem Bukittinggi Hebat, merupakan sistem database yang digunakan untuk mempelajari gerak masyarakat di bidang ekonomi, usia, sosial dan bidang lainnya.

“Sistem.ini terintegrasi dengan setiap SKPD, SBH juga menyediakan informasi layanan untuk.masyarakat, serta seluruh aplikasi terkait kegiatan kepemerintahan,” kata Suryadi.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Kota Bukittinggi Lakukan Reses Masa Sidang I Tahun 2022/2023

Selain kunker ke Diskominfo, Komisi III DPRD Kabupaten Siak, juga kunker ke DPRD Kota Bukittinggi, untuk menambah referensi terkait pelaksanaan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh DPRD terhadap OPD yang ada. (fadhil)