Lebih Dari 6000 Siswa Hadiri Gebyar PAUD 2023

193

Padangexpo.com, Limapuluh Kota,– Pendidikan di awal masa pertumbuhan anak sangatlah penting. Pada usia dini otak berkembang dengan sangat cepat dalam menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat, didengar, dan dirasa oleh anak-anak. Terselenggaranya Gebyar PAUD tidak hanya jadi sarana anak usia dini unjuk kebolehan dan meningkatkan kreatifitas, tetapi harus menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi keluarga dan masyarakat akan pentingnya program pendidikan usia dini. Hal tersebut disampaikan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo didampingi Bunda PAUD Limapuluh Kota Ny.Nevi Safaruddin dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi pada saat menghadiri Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2023, di Lapangan Gor Singa Harau, pada Kamis, (30/11/2023).

Dibayangi cuaca mendung disertai hujan gerimis, lebih dari 6000 siswa PAUD dari seluruh Kabupaten Limapuluh Kota tampak memadati Gor Singa Harau sedari pagi. Didampingi orang tua dan guru PAUD, para siswa tersebut terlihat bersemangat dalam mengikuti berbagai macam lomba diantaranya melukis, mewarna, baca surat pendek, baju kuruang basiba, baju taluak balango, dan lari rintangan.

Pendidikan adalah satu hal sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup manusia, untuk itu Bupati meminta seluruh stakeholder maupun orang tua siswa dapat memastikan bahwa anak-anak memiliki beragam kegiatan yang bisa mengembangkan kompetensinya. “Terangnya pendidikan anak usia dini bukan semata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi masyarakat dan orang tua juga harus bersama-sama berperan aktif menyukseskan PAUD sesuai peran masing-masing. Hal ini tetu akan berimbas terhadap peningkatan angka partisipasi kasar PAUD di Limapuluh Kota yang pada tahun ini baru mencapai 65%,” jelasnya.
Terselenggaranya gebyar PAUD diharapkan dapat terbangun rasa kebersamaan, kekeluargaan diantara sesama anak dengan pendidiknya serta juga dapat membangun sportivitas anak sejak dini. “Kami sangat berterimakasih kepada guru-guru PAUD yang telah membimbing serta memberikan ilmu pengetahuan sebagai upaya meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan. Semoga anak anak ini akan menjadi generasi yang cerdas, berkarakter serta memiliki akhak yang baik”, tuturnya.

BACA JUGA :  Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota : Utamakan Mekanisme Prokes CoVID-19

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Afri Efendi, mengatakan sangat bersyukur dapat melaksanakan kembali Gebyar PAUD di tahun 2023. “Terselenggaranya Gebyar PAUD tahun ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan karakter profil pelajar Pancasila, menjamin pemerataan kualitas pendidikan, dan menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan baik di lingkup sekolah, orang tua, dan masyarakat”, sambung Afri Efendi. Ia menjelaskan, berdasarkan data terakhir, 302 lembaga PAUD dN 6382 siswa mengikuti Gebyar PAUD tahun ini. (Ken)