Pemko Bukittinggi Mendukung Penuh Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Kota Bukittinggi

228

padangexpo.com (Bukittinggi)

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama Pemerintah Kota Bukittinggi gelar Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diikuti 500 lebih peserta dari mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Kota Bukittinggi, serta pegiat UMKM di Kota Jam Gadang, bertempat di Balairung rumah dinas Wako. Sabtu, (18 /11-23).

Head of Research & Development Startup Digital Kementerian Kominfo RI, Faizah, menjelaskan, Indonesia akan mengalami bonus demografi di tahun 2023. dan tengah mempersiapkan diri menyongsong indonesia emas tahun 2045.

Penduduk usia produktif diprediksi mencapai   64% dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa.

“Dengan kondisi itu kita harus bisa memanfaatkan momentum agar tidak mengalami kemunduran demografi. Kita harus menyadari bahwa sektor startup digital adalah pilar penting dalam membangun fondasi ekonomi yang tangguh dan dinamis untuk menyongsong Indonesia emas tahun 2045,” jelas Faizah.

Faizah mengatakan, Startup merupakan usaha rintisan yang memanfaatkan teknologi digital. Gerakan nasional 1000 startup digital adalah upaya bahu membahu pengerakan ekosistem startup digital indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi.pengetahuan dan pengalaman.

“Gerakan ini tidak hanya mencerminkan semangat kewirausahaan, tetapi juga merupakan langkah.strategis ntuk memajukan ekonomi lokal agar bisa berkiprah di level global,” kata Faizah.

Wali Kota Bukitinggi, diwakili Sekretaris Daerah, Martias Wanto, menyampaikan, Pemerintah Kota Bukittinggi mendukung penuh Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Kota Bukittinggi. Melalui gerakan ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersinergi menyediakan fasilitas, pelatihan, dan sumber daya lainnya yang diperlukan agar Startup Digital dapat tumbuh dan berkembang.

Sesuai visi dan misi Kota Bukittinggi hebat dalam sektor ekonomi kerakyatan. Kerangka kerja ekonomi kerakyatkan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui startup digital berpotensi besar untuk mendukung pencapaian visi tersebut sehingga berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :  Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Bukittinggi Turun Drastis

“Kami melihat, dengan adanya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Bukittinggi, ini adalah momen bersejarah yang menandai komitmen kita untuk menjadi bagian dari perubahan menuju masa depan yang inovatif dan berkelanjutan,” ujar Martias Wanto.

Sekda mengatakan, Gerakan Nasional 1000 startup digital di Bukittinggi, menjadi peluang bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam membentuk wajah baru Bukittinggi yang penuh dengan kemajuan teknologi dalam mendorong ekonomi kerakyatan.

“Keterlibatan kita bersama, menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk Bukittinggi sebagai pusat inovasi ekonomi kerakyatan yang hebat, tangguh dan berdaya saing,” kata Sekda. (fadhil)