Peringatan HUT KORPRI dan PGRI Tanah Datar Dipusatkan di LCM

170

Padangexpo.com, Tanah Datar-Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2023, HUT ke 78 PGRI dan Hari Guru Nasional di lapangan Cindua Mato Batusangkar, Kamis (30/11).

Bupati Eka Putra langsung bertindak sebagai inspektur upacara yang juga dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopimda Tanah Datar, Pimpinan OPD, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny Lise Eka Putra dan pimpinan organisasi wanita, serta diikuti seluruh ASN dan guru sebagai peserta upacara.

Dalam amanatnya, Bupati Eka Putra saat membacakan sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional Zudan Arif Fakhrullaoh menyampaikan pada HUT ke-52 KORPRI tahun 2023 kali ini mengambil tema “KORPRIKAN INDONESIA”.

Dikatakannya, saat ini di Indonesia tengah terjadi perubahan yang sangat cepat yang disebabkan oleh dua hal besar, yaitu perubahan teknologi dan perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat.

“Untuk itu, Saya minta kepada seluruh anggota KORPRI khususnya di Tanah Datar untuk mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna pengembangan birokrasi yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas Tahun 2045,” pesannya.

Selain itu, tambah Bupati, pada tahun 2024 nanti akan berlangsung pemilihan presiden, anggota DPR, DPD, DPRD, dan pemilihan 38 Gubernur dan Wakil Gubernur serta 514 Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia. “Terhadap hal tersebut, KORPRI beserta anggotanya harus selalu dalam posisi netral dan tegak lurus kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945,” tegasnya.

Bupati Eka Putra menyampaikan, KORPRI ke depannya harus terus menjadi bagian dari pengungkit kinerja birokrasi, agar berbagai program pembangunan bisa terlaksana dengan baik dan bisa berdampak positif bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Sukses Laksanakan Jelajah Wisata Pesona Pagaruyung, Bupati Eka Putra : Semoga Kegiatan Ini Bangkitkan Potensi Budaya Salingka Nagari

Untuk itu, sambungnya, sebagai aset bangsa, aparatur sipil negara (ASN) berhak mendapatkan kesejahteraan yang layak, dimana pemerintah telah meluncurkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang bertujuan untuk mendorong keterpaduan dan efisiensi penyampaian pelayanan berbasis digital.

Sementara, terkait dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Bupati Eka Putra menyampaikan agar para tenaga guru harus selalu fokus menerapkan asesmen nasional melalui kurikulum merdeka yang mengedepankan inovasi guru dan kreatifitas siswa dalam mengembangkan pembelajaran dengan terus melaju kedepan dengan gerakan merdeka belajar.

Sedangkan terkait dengan HUT PGRI, Bupati Eka Putra berharap agar organisasi yang telah ada berdiri sejak tahun 2045 ini mampu menjadi wadah perjuangan guru pendidik dalam memperjuangkan NKRI dengan berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan.

Pada upacara tersebut juga dilakukan pengucapan Fakta Integritas Netralitas ASN dalam menyukseskan pemilu 2024 mendatang oleh seluruh ASN yang di pimpin Sekda Iqbal Ramadi Payana dilanjutkan dengan penandatanganan yang juga diketahui Bupat Eka Putra. (Dwi)