Pesilat Cilik, Bungo Galeh Kesenian Pangek Simawang

187

Padangexpo.com, Tanah Datar -Kegiatan program unggulan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar berupa satu event satu nagari yang di laksanakan di Nagari Simawang, Sabtu (25/11) dengan tema Pesona Pongek Simawang di objek wisata Tanjung Indah tepian Danau Singkarak, Kecamatan Rambatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 25-26 November 2023 di buka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM. Ada yang unik dan pada acara penyambutan rombongan Bupati, saat pagelaran atraksi silat di tampilkan. Seorang pesilat Cilik yang belum genap berusia 6 tahun tampil pada atraksi silat tersebut. Adalah Rezi Tri Husna, putri pasangan dari Hermanto dan Siwatwati, warga Jorong Padang Data Nagari Simawang. Rezi adalah murid dari salah satu TK yang ada di Tanah Datar dan juga merupakan anggota termuda dari group pencak silat KPHC (Kuciang Putiah Harimau Campo),

Misradona, M. Sn selaku pendiri dan pelatih dari perguruan silat KPHC ini sangat bangga anak didiknya tampil pada acara yang sangat meriah tersebut.

“Saya sangat bangga pak dengan anak-anak didik saya meskipun saya tidak hadir mendapingi disna tapi alhamdulilah anak-anak saya bisa tampil dengan cukup baik walaupun ada sedikit kekurangan dan tetap percaya diri tampil di depan Bupati beserta jajarannya dan ribuan warga Nagari Simawang beserta yg datang dari seluruh Tanah Datar,” ujar Misradona.

Lebih lanjut sambungnya, yang paling ia banggakan dari mereka dengan waktu satu minggu ia di kampung mereka bisa ia seting seperti itu. Dan itupun dari hasil kerja keras mereka juga untuk latihan sejauh ini dan yg selalu di dampingi oleh ketua perguruan silat Syafriyan Indra dan anggota perguruan lainnya.

BACA JUGA :  Alek Nagari Pacu Jawi Resmi Dibuka, Wabup Richi Berharap Event Ini Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

“Dan saya pun tidak lupa mengucapkan terimakasih banyak atas aspresiasi dari Bupati Tanah Datar, Bapak Eka Putra dan ini semua juga berkat dari guru besar saya, Drs. Azhari Fitri yang mana beliau adalah guru besar saya di perguran kuciang putiah harimau campo padang panjang beserta pelatih saya yg lainnya,” lanjutnya.

“Harapan saya pak, saya sangat berharap perguruan saya tetap hidup dan tetap jaya seperti perguruan saya yang ada di Padang Panjang dan saya juga berharap untuk anak-anak saya ada di perhatikan oleh nagari pak.
Karena sejauh ini kami kurang di perhatikan pak dari segi sarana dan prasarana nya, di sini kami butuh sarana pak. Silat ini saya dirikan sejak tahun 2016 dan dulu murid saya mencapai 100 orang,” paparnya.

“Di padang data saya tidak hanya mendirikan perguruan silat pak..tapi kami juga punya sanggar seni tari. Kami juga ada tarian-tarian seperti tarian galombang dan tarian lainnya,” pungkasnya.

Syafriyan Indra, Ketua perguruan silat KPHC Jorong Padang Data, hampir senada menambahkan bahwa untuk Jorong Padang Data agar terus berlatih dan mengembangkan silat ini hingga bisa di kenal luas oleh masyarakat luar Tanah Datar.

“Pesan saya untuk anak-anak di simawang terkusus sekarang yang di Jorong Padang Data teruslah berlatih. Kembangkan semua bakat yang ada dan jadilah atlit serta pemain silat yang profesional nantinya. Dan kami mengucapkan terimakasih banyak atas aspresiasi pak Bupati terhadap atlit kami dan kami juga berharap pak Bupati Eka Putra untuk membntu kami kedepannya nanti baik dari segi support dan juga dari segi sarana dan prasarana, Untuk kabupaten kami dari perguruan kami siap untuk tampil jika di panggil untuk acara-acara di kapupaten pak,” tutup Syafriyan Indra yang biasa di panggil Ateng. (Dwi)