Serahkan 5.854 Seragam Gratis, Ini Kata Bupati Solsel

93

Padangexpo.com, Padang Aro – Program bantuan seragam gratis oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan masih terus bergulir. Program ini ditujukan untuk meringankan beban dari orang tua siswa dalam membiayai pendidikan anaknya.

Ini disampaikan dalam acara Penyaluran Bantuan Pangan Cadanngan Beras Pemerintah (BP-CBP) Tahap II Periode 3 Tahun 2023 serta Penyerahan Pakaian Seragam Sekolah Gratis bagi Peserta Dirik Baru TK, SMA, dan SMK se Kabupaten Solok Selatan di Kecamatan Sangir Jujuan dan Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Syamsurizaldi mengharapkan program unggulan ini bisa meringankan beban masyarakat, terutama yang anaknya baru masuk sekolah di tahun ini.

“Kalau ada keluarga yang jarak usia anaknya tiga tahun, itu amat terasa bebannya, karena anaknya akan masuk sekolah dalam waktu bersamaan. Apalagi bagi masyarakat yang kurang mampu. Pegawai saja sulit, bagaimana masyarakat,” kata Syamsurizaldi pagi ini.

Sejalan, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan pemerintah kabupaten bersama dengan DPRD serius untuk terus mengawasi dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

“Solok Selatan menjadi yang pertama di Sumatera Barat dan satu-satunya yang memberikan seragam gratis dari TK-SMA dan menjadi percontohan di Sumatera Barat,” kata Zigo di kesempatan yang sama.

Menurutnya, meski jenjang SMA dan lembaga pendidikan swasta maupun yang berada pada kewenangan Kementerian Agama bukan ranah pemerintah kabupaten, namun ini merupakan bentuk dukungan dan kolaborasi pemerintah dalam menyokong pendidikan.

“Ini menunjukkan bahwa pembangunan membutuhkan kolaborasi dan kerja sama yang baik,” tegasnya.

Untuk diketahui, tahun ini pertama kalinya jenjang pendidikan TK ikut mendapatkan bantuan seragam gratis dari pemerintah. Jumlah yang dibagikan se-Solok Selatan berjumlah 1.484 stel pakaian. Sedangkan untuk jenjang pendidikan SMA/SMK sebanyak 4.370 stel pakaian.

BACA JUGA :  Gelar Rapat Paripurna, DPRD Solsel Menyetujui Penetapan Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2021

Menjadikan total jumlah seragam baru yang diserahkan ini sebanyak 5.854 stel. (CSR)