Bupati Tanah Datar Berikan Apresiasi Tinggi Kepada Kader PKK, Ini Alasannya

71

Padangexpo.com, Tanah Datar -Gebyar Kader PKK Tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2023 meriah. Bupati Eka Putra berikan apresiasi yang tinggi. Diakui Bupati Eka Putra TP PKK sebagai organisasi non pemerintah namun bermitra dengan pemerintah sangat membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, terkhusus dibidang pemberdayaan.

“Kader PKK orang-orang hebat dan luar biasa, bekerja sukarela tanpa pamrih, terkadang itu mengabaikan kegiatan rutin dalam rumah tangga demi membantu masyarakat, dari itu saya berikan apresiasi yang tinggi,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra ketika membuka secara resmi Gebyar Kader PKK se Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023, Selasa (05/12) di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar.

Bupati Eka Putra juga puji semangat kader untuk mengikuti gebyar tersebut yang datang dari berbagai nagari yang ada di Tanah Datar, pagi-pagi sudah datang dan ramai memenuhi Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar itu

Dikatakan Bupati Eka Putra, TP PKK sebagai organisasi yang terstruktur dari pusat hingga daerah bahkan sampai ke jorong-jorong. Dengan kelompok-kelompok dasawismanya sangat membantu upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan juga upaya terus menurunkan angka stunting di Tanah Datar, serta target nasional diangka 14 persen tahun 2024 mendatang.

“Kita juga berharap, semangat semua kader PKK ini dapat mendorong lahirnya generasi yang sehat, cerdas dan berkarakter dalam menghadapi Indonesia Emas 2045 nanti,” tuturnya.

Senada dengan itu juga disampaikan Ketua TP PKK Tanah Datar Ny.Lise Eka Putra, bahwa kader PKK adalah orang-orang pilihan yang dengan sukarela dan tulus ikhlas menerima pembekalan dan dilatih serta dipersiapkan dengan berbagai keterampilan untuk melaksanakan tugas-tugas pokok 10 Program PKK.

Dikatakan Ny. Lise Eka Putra Gebyar Kader PKK ini merupakan reward bagi para kader, sarana aktualisasi diri dan juga sebagai ajang silaturrahmi dan berbagi pengalaman bagi sesama kader.

BACA JUGA :  Jelang Pelaksanaan HPN 2023, Presiden Jokowi Resmikan Tujuh Pelabuhan Penyeberangan dan Empat KMP di Kawasan Danau Toba

“Melalui gebyar kader ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan motivasi kader sebagai mitra pemerintah dalam menyokong pembangunan,”ujarnya.

Pada saat gebyar tersebut juga disebutkan Ny. Lise Eka Putra bahwa sebelumnya juga telah dilakukan penilaian gerakan PKK terkait 10 program pokoknya.

Ny. Lise sampaikan, untuk gerakan PKK tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2023 dimenangkan oleh Nagari Singgalang Kecamatan X Koto dan untuk Ketua Kelompok Dasawisma dimenangkan oleh Ketua Kelompok Dasawisma Nagari Minangkabau dan kedua nagari ini akan mewakili Tanah Datar ke tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024 mendatang.

Sebelumnya Wakil Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian menyampaikan tema dari gebyar tersebut adalah, “Kita tingkatkan kreatifitas kader PKK dan memperkuat silaturrahmi untuk perwujudan program dan kegiatan PKK”.

Tujuan dari gebyar juga disampaikan Ny. Patty Richi Aprian diantaranya menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan, kesadaran bergotong royong dan tanggungjawab terhadap 10 program pokok PKK.

Pada kegiatan gebyar PKK tersebut juga diisi pemaparan materi tentang keluarga dengan Narasumbet DR. Hj. Ulfatmi, M.Ag, penampilan derama sebabak dari TP PKK Nagari Singgalang dan senam kreasi dari TPPKK Kecamatan Sungayang. (Dwi)