Cabang Hafalan 5 Juz Tilawah dan 20 Juz Tunjukkan Peningkatan Signifikan

128

Padangexpo.com, Padang Aro – Gelaran MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) di Solok Selatan terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari para kafilahnya, khususnya pada cabang Hafalan 5 Juz Tilawah dan Hafalan 20 Juz.

Hal itu diungkapkan Ketua Majelis Hakim Cabang Hafalan 5 Juz Tilawah dan Hafalan 20 Juz, Parlaungan di Masjid Baitul Hikmah Durian Taruang, Solok Selatan, Jumat (15/12/2023).

Ia mengatakan, selama tiga hari pelaksanaan berlangsung, para kafilah tampil dengan baik dan maksimal. Terlihat para kafilah telah mempersiapkannya dengan baik.

“Untuk pengembangan dan peningkatan ada, meski belum merata. Sebagian dari peserta berbagai daerah terlihat ada peningkatannya, dan sedikit masih stagnan,” katanya.

Parlaungan melanjutkan, masih adanya persiapan yang belum matang, mungkin dikarenakan kondisi daerah yang masih belum menyiapkan secara optimal, baik secara kesiapan maupun anggaran prioritas.

“Untuk kesiapan cabang Hafalan 5 Juz Tilawah dan Hafalan 20 Juz itu memang membutuhkan proses dan kesiapan yang panjang. Butuh waktu, tenaga dan kesungguhan untuk belajar dan menghafalnya,” katanya.

Terlepas dari itu yang paling terpenting adalah niat dari diri sendiri untuk menjadi yang lebih baik. Sebab, inilah yang menjadi dasar utama untuk bisa dan mau menjadi penghafal Alquran.

Secara pelaksanaan berlangsung, para majelis hakim mengapresiasi atas peningkatan yang ditunjukkan oleh masing-masing kafilah, baik yang baru pertama kali mengikuti maupun kafilah yang telah mengikuti untuk kesekian kalinya.

“Ini yang harus didorong oleh kafilah dan penanggung jawab nantinya agar prestasi kita dapat terus meningkat di setiap waktunya,” ujar Parlaungan tersebut. (CSR)

BACA JUGA :  Amroni: PTPS Ujung Tombak Keberhasilan Proses Pelaksanaan Pemilu