Eka Putra :Festival Kurenah Bungo Tanjung, Cikal Bakal Progul Satu Nagari Satu Event

70

Padangexpo.com, Tanah Datar-Dalam rangka mendukung program unggulan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanah Datar, Pemerintah Nagari Bungo Tanjung Kecamatan Batipuh berhasil menggelar festival Kurenah Bungo Tanjung tahun 2023, yang ditutup secara langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra, S.E.,M.M. Selasa (19/12) malam di halaman SD Negeri 11 Bungo Tanjung.

Dikesempatan tersebut, Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Wali Nagari Bungo Tanjung yang dinilai telah berani melakukan inovasi dengan menggelar festival Kurenah Bungo Tanjung bersama pemuda nagari.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Wali Nagari dan seluruh panitia pelaksana, karena melalui pelaksanaan festifal anak nagari Bungo Tanjung tahun 2023 ini masyarakat dan generasi muda ikut berperan aktif didalamnya,” kata Bupati Eka Putra.

Disampaikannya lagi, festival anak nageri ini sangat mendukung program unggulan daerah dalam rangka mambangkik batang tarandam dengan menggelar berbagai tradisi nagari Bungo Tanjung.

“Saya melihat bagaimana kekompakan ada disini, begitu Saya hadir di sini semuanya terlihat ceria. Dari situ kita tahu, kalau acara yang diisi dengan berbagai lomba ini dilaksanakan dengan sepenuh hati,” sampai Bupati.

Selain itu, tambah Bupati, event nagari ini merupakan cikal bakal dalam program unggulan Tanah Datar yaitu satu Nagari satu event. “Mudah-mudahan tahun depan Nagari Bungo Tanjung siap untuk menggelarnya, dalam rangka melestarikan kembali kuliner-kuliner yang tempo dulu sudah hilang seperti dendeng ragi,” tutupnya.

Sebelumnya, Wali Nagari Bungo Tanjung, Yudisthira Anuggraha sampaikan ucapan terima kasih kasih atas kesediaan Bupati Eka Putra hadir pada festival tersebut. “Terima kasih pak atas kehadiran bapak malam ini, ini sebagai bukti kecintaan bapak terhadap masyarakat Nagari Bungo Tanjung dan Insyaallah tahun depan kami siap untuk menggelar progam unggulan Satu Nagari Satu Event,” ucapnya.

BACA JUGA :  Derry Indra: Tahun 2023 Gangguan Kamtibmas Meningkat Sebanyak 59 Kasus

Disampaikan Yudisthira, kegiatan festival Kurenah ini merupakan inovasi yang kami laksanakan bersama anak nagari dengan menggelar beberapa kegiatan antar jorong yakni lomba solo song anak anak, paduan suara, dendeng baragi , Tingkuluak barantai dan balumuik serta lomba melukis. Alhamdulillah, semuanya berjalan sukses dan lancar,” tutupnya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt Bungsu,Camat Batipuh Abdi Hardifallah dan walinagari se kecamatan Batipuh dan ratusan masyarakat setempat. (Dwi)