HJK Bukittinggi ke 239 Dimeriahkan dengan Pesta Rakyat Pedati 2023 dan Berbagai Kegiatan 

345

padangexpo.com (Bukittinggi)

Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke 239 yang jatuh pada tanggal 22 Desember ini, Pemko Bukittinggi mengelar pesta rakyat Pekan Budaya Seni Pameran Dagang dan Industri (Pedati) ke 13 tahun 2023 dengan berbagai kegiatan.

Pembukaan dilakukan langsung Wali Kota Bukittinggi bersama Forkopimda, di Lapangan Wirabraja (Kantin), Sabtu (09/12-23) kemarin.

Ketua Umum pelaksana Pedati ke 13, Martias Wanto, menjelaskan Pedati ini tetap mengedepankan potensi lokal Kota Bukittinggi untuk mendapatkan perhatian publik, baik itu dalam pertunjukan seni dan budaya, begitu juga produk UMKM yang berkualitas unggul.

Dalam kegiatan ini, kita tetap mengedepankan kearifan lokal dan untuk pameran dagang dan industry kita juga memakai dari BUMN, BUMD, termasuk pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Bukittinggi,” jelas Martias Wanto yang juga Sekda Bukittinggi.

Kepala Dinas Pariwisata, Roffie Hendra, selaku panitia pelaksana, menjelaskan PEDATI ke-13 tahun 2023 mengangkat tema,”Kolaborasi untuk Bukittinggi Hebat dan Indonesian Maju”. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pada 9 Desember hingga 21 Desember 2023 mendatang di Lapangan Wirabraja ditambah beberapa tenda di pelataran Jam Gadang yang menghadirkan produk UMKM.

“Pesta rakyat Pedati ke 13 Tahun 2023 ini menghadirkan doa dan zikir bersama selain pentas seni dan kreasi yang digilirkan kepada instansi, sekolah dan kelompok masyarakat dengan tampilan utama dari pesohor terkenal dari Sumatera Barat dan artis ibukota. Sementara Puncak HJK ke 239 Kota Bukittinggi, akan digelar dengan rapat paripurna istimewa di Balai Sidang Hatta, 22 Desember 2023 dan akan diakhiri dengan malam resepsi, yang dijadwalkan di Pelataran Jam Gadang,” jelas Roffie Hendra.

Ketua LKAAM Bukittinggi, Fery Chofa DT. Tun Muhammad, apresiasi Pemko Bukittinggi yang berhasil mengangkat kembali kegiatan Pedati sejak tahun 2022 lalu. Apalagi, tahun 2023 ini.Pedati mengangkat tema “Kolaborasi Untuk Bukittinggi Hebat Dan Indonesia Maju”.

“Harapan kami, kegiatan ini tetap dilaksanakan.secara kontinyu. Kegiatan ini harus membumi. Masyarakat dapat menikmati dan merasakan.manfaat dari Pedati ini,” ujar DT. Tun Muhammad.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, Pedati XIII digelar setelah sebelumnya Pedati Reborn 2022 sukses digelar dengan tujuan utama untuk peningkatan ekonomi pariwisata dan budaya setelah absen sejak 2011.

Pemerintah Kota Bukittinggi menggandeng ratusan relawan dan aktivis seni budaya serta UMKM dalam pelaksanaan pesta budaya dan seni Pedati yang digelar hingga akhir Desember tahun ini.

PEDATI digelar sebagai hiburan utama bagi masyarakat dalam rangka HJK 239 Kota Bukittinggi.

Pedati 13 Ini sengaja dibuat untuk memperlihatkan potensi kota yang ada di lapisan masyarakat. Kegiatan ini konsepnya memang kolaborasi. Seluruh lapisan harus bergerak untuk membesarkan Kota Bukittinggi.

“Dengan adanya kolaborasi dan kerjasama baik, bukan hanya Pemerintah tetapi termasuk unsur unsur lain termasuk media dan wisatawan, dengan event Pedati ini juga kita dapat menyatukan seluruh warga melalui kebudayaan, serta mempromosikan Pariwisata Bukittinggi,” ujar Erman Safar.

Erman Safar, mengatakan sudah sejak awal menegaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk realisasi janji kampanye untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sejumlah kegiatan.

PEDATI merupakan wujud aspirasi yang diterima pemerintah daerah agar agenda akbar yang familiar di Kota Bukittinggi beberapa tahun silam kembali terlaksana.

“Kebijakan pemerintah daerah untuk membangkitkan lagi suasana pesta budaya dan seni Pameran Dagang dan Industri, konsepnya.memang banyak masukan dari masyarakat untuk dihidupkan kembali,” kata Erman.

Selain itu, dipertegas oleh Walikota dengan imbauan kepada Kepala Badan, Dinas, Kantor, Camat dan Lurah se-Kota Bukittinggi.

Melalui Surat edaran bernomor 100/499/Setda-Pem/2023 itu mengimbau agar kemeriahan HJK benar-benar terasa di kota dengan Jam Gadang sebagai simbol ikoniknya.

“Meningkatkan ketertiban, kebersihan dan keindahan (K3) di lingkungan kantor memasang marawa/telong-telong/umbul-umbul di lingkungan kantor maupun wilayah masing-masing mulai tanggal 9 hingga 24 Desember 2023. Dan juga, meminta dipasang spanduk dan karang bunga.yang berisikan ucapan Selamat Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-239 Tahun 2023 pada kantor masing-masing dengan tulisan bertema,”Kolaborasi Untuk Bukittinggi Hebat dan Indonesia Maju”.

“Kami minta Camat dan Lurah menyampaikan himbauan kepada masyarakat melalui pengurus Mesjid dan Mushala atau melalui Media lain untuk melaksanakan kegiatan gotong royong, melaksanakan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di wilayah masing-masing, menjaga ketertiban, kebersihan serta keindahan (K3),” ujar Wako.

Sementara itu, anggota DPR RI, Ade Rezki Pratama, mengaku kagum dengan kegiatan Pedati yang dilaksanakan di tahun 2023 ini. Meski cuaca hujan masih banyak masyarakat yang hadir dalam pembukaan Pedati ini.

“Menurut sejarah, Pedati dilaksanakan pada tahun 2001. Event ini diselenggarakan dengan standar nasional bahkan internasional. Pemko Bukittinggi sangat luar biasa, dengan menjadikan sektor ekonomi sebagai prioritas utama. Terima kasih pada Pemko Bukittinggi,” ujar Ade Rezki Pratama. (fadhil)