Pemko Bukittinggi Lakukan Rapat Finalisasi dan Technical Meeting Persiapan Event Minang Geopark Run 2023

216

padangexpo.com (Bukittinggi)

Pemerintah Kota Bukittinggi gelar rapat finalisasi sekaligus technical meeting, persiapan event Minang Geopark Run 2023, yang akan dilaksanakan 10 Desember 2023. Rapat dilaksanakan di Kantor Dinas Pariwisata, Jumat (08/12-23).

Sekda Martias Wanto, menyampaikan, Pemko Bukittinggi mendukung penuh Minang Geopark Run 2023. Sebagai tuan rumah pada tahun ini, tentunya Pemko akan berikan support maksimal dalam pelaksanaannya. Minang Geopark Run 2023, menjadi salah satu kegiatan yang juga dapat memeriahkan Pedati ke 13 dan HJK Bukittinggi ke 13, tahun 2023.

“Wako berpesan, karena ini sudah 4 tahun tidak dilaksanakan atau vakum, kita harus berikan pelayanan maksimal. Jangan sampai ada yang terkendala nanti. Semua tim harus berada di titik titik yang telah ditentukan,” tegas Martias Wanto.

Sekda mengatakan, untuk rute 10 km dan 21 km, memang cukup berat. Diharapkan, panitia dari Minang Georpark, ada koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Agam, sehingga pelaksanaannya nanti, dapat berjalan lancar.

“Jangan sampai ada yang terlupakan, ada yang terlantar, jangan sampai ada kekurangan tenaga kesehatan dan jangan ada persoalan sedikitpun. Kita juga akan undang peserta Minang Geopark Run 2023, pada pembukaan Pedati 13, pada Sabtu malam,” kata Sekda.

Founder Minang Geopark Run 2023, Y. V. Tri Saputra, menjelaskan, event lomba lari ini, akan di ikuti sekitar 1500 peserta. Race Pack Collection day 8-9 Desember, di Istana Bung Hatta. Untuk race day-nya dilaksanakan pada 10 Desember 2023.

Start dan finish di Jam Gadang, melewati Ngarai Sianok sebagai salah satu lokasi Geopark di Sumatra Barat. Selain itu, peserta akan melewati rute lain sesuai kategori jarak 5K, 10K dan 21K.

“80 persen dari jumlah peserta berasal dari luar kota Bukittinggi. 60 persen dari jumlah itu, juga berasal dari luar Sumbar, seperti Jambi, Medan dan Riau. Event ini tentunya akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisata dan tentunya efek dominonya, akan terjadi peningkatan perekonomian, ‘ jelas Tri Saputra. (fadhil)

BACA JUGA :  Masyarakat Kota Bukittinggi Siap Bermigrasi Dari TV Analog ke TV Digital