Pongek Simawang Masuk Lima Terbaik, Ini Harapan Firman Malin Panduko

161

Padangexpo.com, Tanah Datar-Penilaian program unggulan satu nagari satu event yang sudah di laksanakan untuk tahun 2023 ini, yang terbungkus akhir kegiatan dalam Festival Pesona Minangkabau 7-10 Desember 2023 memberikan nuansa dan kesan indah bagi panitia dan masyarakat Nagari Simawang dengan Pongek Simawangnya dalam satu nagari satu event kemaren. Penilaian kategori 10 nagari terbaik dalam melaksanakan profil satu nagari satu event di sampaikan pada pembukaan Festival Pesona Minangkabau, Kamis (7/12) di Istano Basa Pagaruyung. Nagari Simawang dengan Pongek Simawang berada pada urutan 5 besar.

Firman Malin Panduko selaku Walinagari Simawang menyampaikan rasa terimakasih dan harapannya kepada panitia dan khususnya masyarakat Simawang pada sesi wawancara.

“Pertama, terimakasih banyak kami ucapkan selaku pemerintahan Nagari Simawang kepada masyarakat dan segala elemen yang telah membantu terlaksananya acara profil satu nagari satu event pada bulan kemaren, terkhusus kepada Ketua panitia penyelenggara acara beserta panitia event yang telah berjibaku siang malam untuk mewujudkan yang terbaik buat Nagari Simawang. Juga penghargaan ini kami persembahkan kepada para perantau yang juga ikut mensupport baik itu secara material maupun semangatnya, tak lupa juga kepada tokoh dan Ninik Mamak, alim ulama, caliak pandai, Bundo Kanduang serta pemuda Simawang yang mengupayakan semaksimal mungkin agar semua terlaksana dengan baik, dan itu di buktikan dengan Pongek Simawang meraih 5 besar sebagai Nagari terbaik dalam melaksanakan dan menjalankan profil serta mengentaskan budaya kulinernya sehingga menjadi di kenal masyarakat luas saat ini, juga tak lupa terimakasih kepada Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar yang juga putra asli Simawang serta seluruh calon legislatif yang ikut sumbangsih dalam kegiatan satu nagari satu event kemaren,” ujar Firman Malin Panduko.

BACA JUGA :  Pagelaran Alek Nagari Pacu Kuda Open Race Sukses, Bupati Eka Kembali Serahkan Gelanggang Pada Ninik Mamak Tiga Nagari

Kemudian lanjutnya, pemerintahan Nagari Simawang yang juga mengatasnamakan masyarakat Simawang mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar khususnya Bupati Eka Putra beserta tim kurator kabupaten dan dinas terkait atas usaha dan supportnya terhadap nagari Simawang.

“Selain itu, kami juga berharap agar di tahun berikutnya progul ini tetap berlanjut bahkan lebih bisa mengangkat lagi budaya lokal yang tersembunyi di nagari-nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar ini, sebab ini salah satu cara dan wacana supaya pelestarian kebudayaan bagi kaum milenial khususnya bisa terjaga dan di pelajari dengan baik, dan program unggulan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar ini merupakan salah satu progul yang terbaik yang pernah ada di Tanah Datar ini, semoga pemerintah daerah bisa lebih menambah dan memberikan peluang lebih banyak lagi ke nagari untuk mengangkat kearifan lokal yang ada di nagari masing-masing di Kabupaten Tanah Datar ini,” pungkas Firman Malin Panduko. (Dwi)