Progul Bajak Gratis Lebihi Target 8 Hektar

46

Padangexpo.com, Tanah Datar-Program Unggulan Layanan Bajak Sawah Gratis di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada tahun 2023 telah memenuhi target yang ditetapkan.

Dari 4300 terget yang telah ditetapkan, Pemkab Tanah Datar telah mengerjakan bajak sawah gratis mencapai 4.308 hektare.

“Angka tersebut masih belum final karena masih ada realisasi pola tiga yang belum kita hitung untuk bulan November dan Desember, tapi kalau untuk target 2023 sudah tercapai,” kata Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Dinas Pertanian Tanah Datar Wel Embra di Batusangkar, Kamis, (21/12)

Wel Embra menjelaskan, pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menargetkan 4300 hektare lahan sawah dibajak secara gratis.

Angka tersebut meningkat 100 hektare lahan sawah dibandingkan dengan tahun sebelumnya 4200 hektare.

Dalam meningkatkan capaian tersebut kata dia, pihaknya memiliki tiga pola layanan dalam memberikan bantuan layanan bagi masyarakat.

Yaitunya pola satu berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan seluruh pembiayaan dari Layanan Bajak Gratis ditanggung oleh Pemerintah Daerah,. Maksudnya mesin, BBM, dan upah bajak, pemerintahan yang membayarkan.

Selanjutnya pola dua, yaitunya Alsintan disediakan oleh kelompok tani dan seluruh pembiayaan dari layanan bajak gratis ditanggung oleh Pemerintah Daerah.

“Terakhir pola tiga, yaitunya Alsintan disediakan oleh Pemerintah Daerah dan seluruh pembiayaan dari Layanan Bajak Gratis ditanggung oleh kelompok tani,” jelas dia.

Dia mengatakan tercapainya layanan tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua pihak dalam mewujudkan masyarakat Tanah Datar dalam mendapatkan layanan terbaik dari Pemerintah Daerah.

“Terimakasih kepada Tim Brigade Alsintan, Tim Penyuluh Pertanian, dan semuanya yang telah bersusah payah di lapangan untuk tercapai layanan bajak sawah gratis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia. (Dwi)

BACA JUGA :  Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Pahlawannya, Bupati Eka: Kemerdekaan NKRI Tidak Akan Terlepas dari Jasa Para Pahlawan