Sebanyak 34 Bentor Diserahkan Bagi Keltan dan KWT di Tanjung Bonai

111

Padangexpo.com, Tanah Datar-Sebanyak 34 unit Becak Motor (Bentor) bantuan Program Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul yang dianggarkan melalui Dinas pada Pemprov Sumbar diserahkan kepada Kelompok Tani (Keltan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, Senin (11/12) pada acara penyerahan bantuan tersebut di lapangan Sepak Bola Sembayan Nagari Tanjuang Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara mengatakan, bantuan bentor seperti ini merupakan hal yang dibutuhkan masyarakat.

“Bantuan ini sangat tepat, karena sinergi dengan Program Bajak Sawah Gratis yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, yang memberikan dampak keringanan atau pengurangan biaya operasional terutama memangkas biaya angkut hasil pertanian atau perkebunan masyarakat,” ujarnya.

Bupati berharap, dalam pengelolaan bantuan Bentor hendaknya Keltan dan KWT menentukan mekanisme yang baik dan transparan sesuai dengan keputusan bersama.

“Pengelolaan Bentor hendaknya dilakukan secara adil, sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru yang mengakibatkan pertikaian dalam Keltan atau KWT yang memperoleh bantuan,” sampainya.

Disamping menyampaikan ucapan selamat kepada Keltan dan KWT yang memperoleh bantuan Bentor, Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul yang telah melaksanakan program Pokir di Tanah Datar.

“Bantuan ini tentunya akan memberikan manfaat yang sangat banyak kepada masyarakat, terima kasih atas bantuannya, semoga tahun depan akan terus ada bantuan lainnya untuk masyarakat Tanah Datar,” tukasnya.

Sebelumnya Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul menyampaikan, bantuan Bentor melalui Progam Pokir dilaksanakan menindaklanjuti hasil kunjungan lapangannya ke berbagai Nagari dan daerah, terutama di Tanah Datar.

“Berawal dari kunjungan lapangan, banyak masyarakat petani yang membutuhkan Bentor untuk mengangkut hasil pertaniannya, karena itulah Saya laksanakan bantuan ini sebanyak 34 Bentor bagi Keltan dan KWT yang berada di Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara dan Padang Ganting,” sampainya.

BACA JUGA :  Wabup Richi Aprian Ikuti Rapat Terkait Percepatan Penegasan Batas Daerah di Provinsi Sumbar

Jefri juga mengingatkan, pemanfaatan Bentor dilakukan dengan adil sehingga tidak menjadi hal yang bakal menjadi bahan perpecahan dalam kelompok.

“Manfaatkan Bentor ini dengan sebaik-baiknya, Ketua harus membagi pemakaian dengan seadil-adilnya sehingga tidak menimbulkan permasalahan dalam kelompok,” pesannya.

Sementara itu perwakilan Keltan penerima bantuan Wasdian menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Alhamdulillah, terima kasih pak dewan, pak Bupati atas bantuan ini, Insya Allah akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota dan juga masyarakat kami,” sampainya.

Turut hadir Kadis Pertanian Sri Mulyani, Camat Lintau Bup Utara Arif Gani, Forkopimca, Wali Nagari se Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara, Wali Jorong, ketua dan anggota Keltan/KWT serta tokoh masyarakat Lintau IX Koto dan undangan lainnya. (Dwi)