Terus Pantau Kondisi Terkini, Bupati Tanah Datar Siaga di Pinggang Marapi

81

Padangexpo.com, Tanah Datar -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, bersama OPD terkait terus meninjau kondisi di seputaran Gunung Marapi yang mengalami erupsi sejak Minggu sore kemarin (3/12) sore.

Senin (4//12) siang, Bupati Eka Putra didampingi Kalaksa BPBD Tanah Datar Yusnen dan Camat X Koto Mukhlis, serta beberapa Wali Nagari meninjau di Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto.

Di kesempatan tersebut, Bupati Eka Putra mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim dari BPBD Tanah Datar dan Satgas Penanggulangan Bencana (PB) Nagari untuk membantu evakuasi para pendaki yang terjebak ketika Gunung Marapi Erupsi.

“Saat ini ada 46 orang personel dari Tanah Datar. Yaitu, 15 orang dari BPBD Tanah Datar, 15 orang dari Nagari Koto Baru, 11 orang dari Pandai Sikek, dan 5 orang dari Nagari Aia Angek,” kata Eka Putra.

Eka Putra memaparkan, dari laporan yang diterimanya, pendaki yang naik dari posko yang berada di Tanah Datar, yaitu Nagari Koto Baru berjumlah 27 orang, dan semuanya sudah turun dalam keadaan selamat.

“Jadi, tim evakuasi yang kita turunkan hadir untuk membantu para pendaki yang naik dari Agam, dan sampai saat ini masih terjebak,” paparnya.

Di sisi lain, Bupati Eka Putra menjelaskan, berdasarkan pengamatannya selama berada di Nagari Koto Baru, dia melihat langsung Gunung Marapi erupsi setiap setengah jam. “Kira-kira, setiap setengah jam, Marapi erupsi,” pungkas Eka. (Dwi)

BACA JUGA :  BPJS Jangan Kaku Berikan Pelayanan Pada Faskes dan Peserta