Tingkatkan Profesionalitas Dewan Hakim, Pemkab Tanah Datar Gelar Bimtek

125

Padangexpo.com, Tanah Datar -Pemerintah Daerah Tanah Datar terus berupaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dan salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan profesional Dewan Hakim dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek Dewan Hakim se Tanah Datar itupun dibuka secara resmi oleh Bupati Eka Putra, SE, MM di gedung pertemuan Hotel Pangeran Kota Padang Panjang, Jumat (1/12).

Dalam laporannya, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Tanah Datar H. Ali Nardius menyampaikan bahwa Bimtek ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga profesionalisme para Dewan Hakim didalam menjalankan tugas-tugasnya, sehingga akan berlaku adil dalam setiap pengambilan keputusan.

Dijelaskan Ali Nardius, Bimtek ini sangat penting bagi Dewan Hakim karena merupakan salah satu prasyarat dalam pelaksanaan MTQ, selain panitia dan peserta.

Berdasarkan evaluasi, pelaksanaan MTQ Nasional tingkat kecamatan pada tahun 2023 ini terkendala dengan kurangnya Dewan Hakim, untuk itu Pemda butuh Dewan Hakim yang profesional dan memadai,” ujarnya.

Dikatakan Ali Nardius, Bimtek kali ini dilakukan dua tahap/gelombang dan diikuti oleh sebanyak 100 orang Dewan Hakim. Bimtek dilaksanakan selama tiga hari dengan menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman secara materi dan praktik.

Lebih jauh, Ali Nardius juga mengharapkan doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat untuk kesuksesan kafilah Tanah Datar yang akan berlomba pada MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat yang akan digelar pada Desember ini di kabupaten Solok Selatan.

Sementara itu, Kakan Kemenag H. Amril menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas kegiatan Bintek ini, dimana tertumpang harapan akan lahir dewan-dewan hakim yang berkualitas, memiliki kompetensi di dalam melakukan penilaian dalam kegiatan MTQ.

Amril juga berharap kepada peserta, untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar ke depannya menjadi Dewan Hakim yang mampu menjalankan tugas secara proporsional dan transparan.

BACA JUGA :  Keltan di Tanah Datar Terima 77 Unit Alsintan dari Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menegaskan bahwa pelaksanaan Bintek ini merupakan upaya Pemda untuk meningkatkan SDM para Dewan Hakim terutama di dalam melakukan penilaian kepada peserta MTQ yang dilaksanakan pada seluruh tingkatan.

“Berdasarkan laporan dari beberapa Dewan Hakim, saat pelaksanaan MTQ di tingkat kecamatan di Tanah Datar kekurangan Dewan Hakim. Untuk itu, Pemda akan terus komit meningkatkan SDM Dewan Hakim sebagai salah satu pilar di bidang keagamaan dan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahun,” ucapnya

Dikatakan Bupati Eka, pelaksanaan Bimtek Dewan Hakim ini diharapkan bukan saja sebagai penilai namun juga membantu Pemda dalam membentuk karakter generasi masa depan yang berlandaskan ABS-SBK.

Diakhir sambutannya, Bupati Eka Putra juga berharap para peserta bisa selalu menjaga kekompakan, kerukunan dan silaturahmi. Karena menurutnya, melalui silaturahmi kita bisa saling berbagi pengalaman sehingga pada akhirnya akan membangkitkan kembali marwah Dewan Hakim Luhak Nan Tuo.

“Mari kita bangkitkan kembali marwah Dewan Hakim dengan melakukan pekerjaan tersebut secara ikhlas, Insya Allah ini akan menjadi amal ibadah bagi kita semua,” pungkasnya. (Dwi)