DLH Kota Solok Monitoring ke PT BMS Untuk Pencegahan Pencemaran Air Sekaligus Verifikasi IPAL

16

padangexpo.com (Kota Solok)

Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok ,Sumatera Barat, dalam rangka cegah pencemaran air Rabu (17/1) lakukan monitoring verifikasi lapangan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang berkaitan dengan izin lingkungan di PT Bukittinggi Mandiri Sejahtera (BMS)

Kepala Bidang Pertamanan Pemakaman dan Tata Lingkungan, Fajar Surya Kusuma, SE, , memaparkan bahwa dalam Undang-Undang Perlindungan Lingkungan No. 32 Tahun 2009 dijelaskan bahwa salah satu ide untuk mengolah limbah cair ini adalah dengan adanya IPAL, IPAL merupakan sebuah struktur yang dibuat sebagai tempat pengelolaan limbah organik atau anorganik dari air, sehingga limbah tersebut bisa dibuang tanpa mencemari lingkungan.

“Pada gudang PT BMS, ada food dan ada non food, untuk food ada makanan, sedangkan untuk non food limbah berbahaya mengancam lingkungan, seperti bahan kimia, sehingga jangan sampai tercemar ke air,” terang Fajar.

Terhadap hasil verifikasi lapangan itu, Fajar mengaku bahwa DLH telah memberikan saran dan regulasi sesuai informasi dan aturan.

“Kita sama- sama saling menjaga dan merawat lingkungan, jangan sampai sebagai pengusaha kita mengabaikan hak- hak lingkungan untuk terus hidup dan berkembang, karena itu sudah menjadi komitmen perusahaan dengan lingkungan. Jaga lingkungan baik Manusia dan ekosistemnya agar tetap hijau dan lestari,” ujarnya

Pada kegiatan tersebut juga tampak hadir pengawas lingkungan hidup, Forget Siswanto, SH, bersama Wati Hatimah, SP, MM, Kepala Bidang perlindungan dan penegakan hukum, Agus Susanto, SH, dan kepala labor, Hendra Pilo, ST.(MJN Khotik Batuah)

BACA JUGA :  Terkait Gerakan Catin Menanam Pohon Kemenag Kota Solok Lakukan MoU dengan Pemko Solok