Kapolres Payakumbuh Pimpin Upacara Ziarah Makam Pejuang Situjuah Banda Dalam

77

Padangexpo.com ,Payakumbuh,- Pasca pelaksanaan upacara peringatan persitiwa Situjuh yang di pusatkan di Lapangan Khatib Sulaiman kegiatan di lanjutkan dengan pelaksanaan ziarah di beberapa makam pejuang yang ada di tiga titik lokasi diantaranya makam pejuang Lurah Kincia Situjuah Batua, Situjuah Banda Dalam dan Situjuah Gadang.

Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, S.I.K.M.H sendiri bertindak selaku Irup di lokasi makam pejuang Situjuah Banda Dalam bersama beberapa perwakilan Forkopimda lainya.

Dari kutipan sejarah Peristiwa Situjuah, tercatat sebanyak 69 orang pejuang gugur dalam mempertahankan NKRI, beberapa nama diantaranya sangat tidak asing ditelinga warga Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota yakninya Khatib Sulaiman, Kapten Tantawi, mantan Bupati 50 Kota Arisun St Alamsyah serta beberapa nama lain yang gugur bersama 60 pejuang lainya.

Dalam pelaksanaan ziarah makam juga di lakukan prosesi tabur bunga yang di lakukan Kapolres Payakumbuh selaku Irup serta beberapa peserta ziarah lainya.

Setidaknya ada delapan jasad pejuang persitiwa situjuh yang di makamkan di Makam Pejuang Situjuah Banda Dalam tersebut. (Ken)

BACA JUGA :  Wako Riza Harap Tingkatkan Kualitas Kerja Dinas Pendidikan dan Abaikan Oknum Yang Meminta Uang