Pemkab Tanah Datar Terima Bantuan Dampak Bencana Erupsi Marapi Tahap II

119

Padangexpo.com, Tanah Datar-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serahkan bantuan tahap dua bencana dampak erupsi Gunung Marapi yang telah erupsi sejak 3 Desember 2023 lalu ke Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Tenaga Ahli Kepala BNPB Kombespol Dadiyo S. I. K kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra di Gedung Indojolito Batusangkar pada Senin, (15/1).

Pada kesempatan itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan, ucapan terima kasih kepada BNPB pusat atas bantuan untuk penanganan erupsi Gunung Marapi yang diberikan kepada Kabupaten Tanah Datar.

Dia menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan hari ini merupakan adalah tahap kedua, pasca kunjungannya ke BNPB beberapa waktu lalu.

“Waktu itu BNPB memberikan kita bantuan masker dan sabun untuk tahap satunya, dan sekarang ini bantuan berupa peralatan dan perlengkapan berupa tenda, genset, makanan siap saji, selimut, terpal, dan alat kebersihan, dan ditambah bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp250 juta,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan kondisi lahan pertanian masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Marapi.

“Ada ratusan hektar lahan yang terdampak dan kami juga sedang menghitung kerugian yang dialami warga, nanti akan kita bantu juga melalui dana BLT,” ujar dia.

Sementara itu Tenaga Ahli Kepala BNPB Kombespol Dadiyo S.I.K, mengatakan maksud dan tujuannya ke Tanah Datar dalam rangka untuk memberikan bantuan secara simbolis.

Sesuai perintah yang diterima, kami membawa beberapa peralatan dan perlengkapan berupa tenda, genset, makanan siap saji, selimut, terpal, dan alat kebersihan.

“Mudah mudahan dengan apa yang diberikan BNPB ke Tanah Datar dapat meringankan beban saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Marapi,” kata dia.

BACA JUGA :  Launching Baringin Sebagai Nagari Bebas dari Narkoba, Bukti Sinergitas Lindungi Generasi Muda

Dia juga mengapresiasi perjuangan Bupati Tanah Datar dalam memperjuangkan bantuan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Memang luar biasa, perjuangan beliau sampai dapat yang diinginkan, begitu perjuangan beliau patut kita hargai. Karena memang kita harus gerak cepat,” kata dia.

Direncanakan besok tim BNPB akan berkunjung ke lokasi pengungsi di Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto.

Turut hadir pada kesempatan itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) camat dan lainnya. (Dwi)