Serahkan Pokirnya ke Randai Lareh Simawang, Ini Pesan Rony Mulyadi Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar

211

Serahkan Pokirnya ke Randai Lareh Simawang, Ini Pesan Rony Mulyadi Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar

Tanah Datar

Penyerahan alat-alat kesenian untuk Sanggar Randai Siti Jomilah Gagak Hitam, Lareh Simawang yang berupa pokir (pokok pikiran) Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, H. Rony Mulyadi, SE. Dt. Bungsu kepada Ketua sanggar randai, Suardi Bandaro Alam Batuah di hadiri oleh seluruh anggota sanggar Randai, Ketua KAN Nagari Simawang, Ketua KONI Tanah Datar, pengurus sanggar Randai Lareh Simawang, seluruh Ketua pemuda jorong serta masyarakat Nagari Simawang. Acara Penyerahan bantuan ini di laksanakan di tempat latihan sanggar randai di Jorong Pincuran Gadang Nagari Simawang, Jumat (19/01).

Pada kesempatan itu, Rony Mulyadi yang biasa di sapa Angku Rony menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan penunjang untuk Randai Lareh Simawang yang di anggaran di Tahun 2023 senilai Rp. 40 juta.

“Bantuan alat kesenian ini adalah tidak lain tidak bukan untuk penunjang bagi kemajuan sanggar dalam melestarikan dan merawat hingga menjaga serta memberikan ilmu kepada generasi muda agar mau tetap mempertahankan adat kesenian Minangkabau ini. Saya lihat sendiri bagaimana persentasi Randai Lareh Simawang ini dalam melestarikan dan menjaga kesenian ini hingga saat ini dimana kebanyakan pelaku seninya adalah mulai dari tingkat anak SD, SMP hingga SMA pada satu nagari satu even di Nagari Tigo Koto kemaren, sungguh luar biasa. Maka dari itu, untuk ikut melestarikan dan menunjang agar kesenian ini tetap berjalan lancar, kita anggarkan Dana Pokir untuk pengadaan alat-alat kesenian sanggar Randai Lareh Simawang,” ujar Angku Rony.

Kemudian lebih lanjut, Angku Rony juga menjelaskan bahwa ini adalah salah satu bentuk tugas dan tanggung jawabnya selaku anggota DPRD yang menakutkan dirinya untuk mengabdi demi kepentingan masyarakat.

BACA JUGA :  30 Pelaku Sanggar Kesenian di Tanah Datar Ikuti Workshop KaTa Kreatif Sub Sektor Bidang Seni Pertunjukan

“Anggota DPRD itu dipilih memang untuk di manfaatkan. Dalam artian sampaikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, tugas kita menyalurkannya melalui aspirasi baik itu berupa pokir, BKBK dan lain sebagainya. Dan saat ini, ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab kami yang kami laksanakan dengan memberikan bantuan berupa alat-alat kesenian randai,” sambungnya.

Angku Rony juga menyampaikan kalau bantuan ini bukan berupa alat-alat kesenian randai saja, namun bantuan untuk bedah rumah bagi Ketua randai Lareh Simawang juga dianggarkan di tahun 2024 ini.

“Insya Allah di anggaran perubahan kita upayakan agar bantuan bedah rumah ini terlaksana, di samping itu juga kita anggarkan untuk bantuan lapangan futsal, bola futsal dan bola voly hingga rehabilitasi lapangan nantinya, dan Alhamdulillah semua itu sudaj kita anggarkan di Dinas Parpora,” imbuhnya.

Terakhir, Angku Rony berpesan kepada generasi muda agar terus giat dalam menjaga, melestarikan dan mengembangkan terus kebudayaan Minangkabau berupa silek dan randai supaya bisa menjadi bekal dan pemahaman ilmu adat dan agama kedepannya nanti. (Dwi)