Antisipasi ISPA Akibat Erupsi Marapi, Pemerintah Nagari Cubadak Bagikan Masker

175

Padangexpo.com, Tanah Datar -Erupsi gunung Marapi beberapa waktu yang lalu hingga kini masih menyebabkan hujan abu vulkanik yang melanda Kabupaten Tanah Datar. Hal ini di rasakan oleh Nagari Cubadak, Kecamatan Limakaum, Tanah Datar dimana Walinagari beserta jajarannya membagikan masker kepada masyarakat Nagari Cubadak untuk mengantisipasi ISPA (Inpeksi Saluran Peenapasan Akut) Jumat (09/02) di Nagari Cubadak.

Anggerno P. S. Pd selaku Walinagari Cubadak menyampaikan bahwa dengan pembagian masker ini berharap bisa mengurangi dampak bagi kesehatan masyarakatnya akibat abu vulkanik tersebut.

“Dalam rangka siaga erupsi Gunung Marapi, kami bersama tim TP PKK Nagari Cubadak membagikan masker bagi masyarakat kami agar terhindar dari penyakit ISPA. Ini bentuk perhatian PKK Cubadak terhadap musibah erupsi Gunung Merapi,” ujar Angger.

Lebih lanjut sambungnya, kegiatan bentuk salah satu perhatian terhadap kesehatan warga dimana kegiatan ini di pimpin langsung oleh Ketua TP PKK Nagari Cubadak Ny. Wika Aprilia, S. Pd,i.

“Selain menjaga warga dari efek erupsi gunung Marapi khususnyan masalah kesehatan, kegtan ini juga mengingatkan kepada warga untuk mengurangi aktivitas diluar rumah mengingat abu erupsi masih banyak di luar rumah. Kami juga dalam siaga erupsi nagari selalu mengajak warga untuk waspada, salah satunya telah dibentuknya tim siaga aktif dan juga telah menganggarkan di tahun 2024 ini untuk masalah bencana,” lanjut Anggerno.

“Kami berpesan untuk selalu waspada dan apabila ada warga yg sakit karena efek erupsi gunung Marapi segera laporkan ke nagari dan berharap agar:
a. seluruh unsur elemen di nagari cubadak ikut serta dalam penanganan dan kewaspadaan terhadap erupsi gunung Marapi.
B. Langkah yang di lakukan oleh PKK Nagari Cubadak bisa menjadi inspirasi dalam kesigapan kita dalam bencana ini
C. Kekompakan yang di lakukan oleh PKK Nagari Cubadak sangat kami apresiasi dan terakhir masker yang dibagikan merupakan bantuan pemerintah daerah melalui BPBD Tanah Datar,” pungkas Anggerno. (Dwi)

BACA JUGA :  Kunjungi Tanah Datar, Sekda Iqbal Sambut Kedatangan Tim Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi Informasi dan Aparatur Kemenkopolhukam