Bazar Cindua Mato Diharapkan Beri Multiplier Effect Bagi Masyarakat

51

Padangexpo.com, Tanah Datar -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. secara resmi membuka Bazar Cindua Mato yang berada di pelataran Gedung Promosi dan Pusat Oleh-oleh Batusangkar, Minggu (25/2).

Bazar Cinduo Mato dibuka setiap hari Minggu, dengan menyajikan berbagai produk Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

“Alhamdulillah, kita mulai menghadirkan Bazar Cinduo Mato. Dimana, akan disajikan berbagai produk IKM dan UKM Kabupaten Tanah Datar, terdiri dari kerajinan, kuliner dan sebagainya,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengatakan berada kawasan yang sangat strategis, Bazar Cinduo Mato akan memberikan multiplier effect bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kita melihat, kawasan ini sangat strategis dan potensial dalam mengembangkan potensi lokal. Dan, ini sebagai ajang untuk mempromosikan bagi produk IKM dan UKM di Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya.

Bupati Eka Putra berharap Bazar Cinduo Mato dapat dikembangkan menjadi lebih baik, sehingga kawasan tersebut menjadi alternatif bagi wisatawan yang meinginkan produk IKM dan UKM.

“Ke depan gandenglah pihak-pihak terkait, untuk mengembangkan Bazar Cindua Mato agar lebih baik. Semoga kegiatan ini berjalan secara konsisten dan berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu, ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra menyambut baik kehadiran Bazar Cindua Mato sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memajukan produk IKM dan UKM di luhak nan tuo ini.

“Tentunya, kita mendukung terlaksananya Bazar Cindua Mato dilokasi ini. Mudah-mudahan dapat memajukan produk IKM dan UKM yang ada di Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Nakerin) Tanah Datar Drs. Suhermen mengatakan Bazar Cindua Mato dilaksanakan secara rutin di setiap minggunya dibuka dari jam 07.00 wib hingga 14.00 wib.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran, Patching Empat Ruas Jalan Ditargetkan Selesai

Ia pun menyebutkan bahwa pelaksanaan Bazar Cindua Mato merupakan kolaborasi Dinas Nakerin dengan Dinas Koperasi UKM, Perdangangan (KUKMP) dan OPD terkait lainnya.

“Begitu banyak yang diharapkan setelah Bazar Cinduo Mato ini resmi beroperasi. Beberapa diantaranya, sebagai wadah untuk meningkatkan kunjungan dan promosi produk lokal,” ujarnya. (Dwi)