Dikukuhkan Bupati, Deca Aulia Ketua Forum Anak Tanah Datar 2023-2025

115

Padangexpo.com, Tanah Datar -Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE, MM resmi kukuhkan Pengurus Forum Anak Daerah Kabupaten Tanah Datar periode 2023-2025 di gedung PKK Kabupaten Tanah Datar, Senin (05/02).

Pada saat pengukuhan tersebut Deca Aulia terpilih menjadi ketua Forum Anak Kabupaten Tanah Datar periode 2023-2025, yang mana tahap penseleksian anak untuk Forum Anak Daerah ini sudah dilakukan sejak 2023 yang kalu, dari puluhan ribu anak yang ikut seleksai, terpilah 28 anak yang akan mengisi kepengurusan Forum Anak Kabupaten Tanah Datar hingga 2025 mendatang.

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra katakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dan juga Pemerintah Pusat berupaya dan bertekat menjamin perlindungan anak berjalan sebagaimana mestinya oleh stake holder atau pemangku kepentingan.

“Forum anak adalah suatu wadah partisipasi anak dalam mengisi pembangunan, menyuarakan aspirasi, pendapat dan tentunya harapan anak yang nanti gunanya untuk kesejahteraan dan terkhusus terhadap perlindungan Anak, “ujarnya.

Disampaikan Bupati Eka Putra forum Anak ini dibentuk oleh Pemerintah guna untuk menjembatani bagi perlindungan anak sehingga forum ini tidak semata dikukuhkan melainkan aktif berorganisasi dan anak-anak yang dikukuhkan ini anak-anak pilihan, anak hebat dari itu Bupati beri apresiasi.

Bupati minta OPD terkait dan juga pihak swasta untuk mensuport dan memberi dukungan kepada forum anak ini. Sehingga forum anak ini bisa bisa berjalan dan memberikan sumbangsih untuk kemajuan daerah nantinya.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial PPPA Afrizon mengatakan pengukuhan forum anak daerah ini adalah untuk mambantu perlindungan anak di Kabupaten Tanah Datar.

“Perlindungan anak dimulai dari dua arah yaitu pertama eksternal dalam bentuk regulasi birokrasi seperti pelatihan-pelatihan dan perlindungan dari dalam seperti memberikan penguatan-penguatan keagamaan pada anak kita,”ujarnya.

BACA JUGA :  Seminar Kongres Bundo Kanduang Digelar, Ribuan Bundo Kanduang Padati Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar

Afrizon juga sebut kedepan di tahun 2024 akan dibentuk kelompok-kelompok tahfizh di sekolah-sekolah dasar SD dan SLTP dan itu juga sebagai upaya mengejar target di tahun 2045 lebih dari separoh Penduduk Tanah Datar hafizh Alquran.

“Hingga saat ini sudah 5.370 rumah di Tanah Datar sudah dipasang stiker hafizh/hafizah, dan itu masih ada yang belum melaporkan,”ucapnya.

Turut hadir saat pengukuhan tersebut Assisten I Setda Tanah Datar Elizar, Kadis Kesehatan Yesrita Zedrianis, mewakili Kepala Kemenag, Perwakilan OPD, perwakilan Asosiasi Anak Indonesia dan tamu undangan lainnya. (Dwi)