Erupsi Marapi Meningkat, Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

78

Padangexpo.com, Tanah Datar -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral – Republik Indonesia masih menetapkan satus Gunung Marapi masih berada di level III. Dalam satu minggu terakhir terjadi peningkatan semburan abu vulkanik.

Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap memakai masker bila berada diluar ruangan untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Tidak lupa diinginkan masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4.5 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) G. Marapi.

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak G. Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Selain itu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah. (Dwi)

BACA JUGA :  Ikut Mengenang Jasa Para Pahlawan, Bupati dan Wabup Tanah Datar Hadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci