Gelar Rakor TPAKD, Pemkab Solok Hadirkan Program PANAKOK dan BERAS SOLOK

124

padangexpo.com (Kabupaten Solok)

Pemerintah Kabupaten Solok melalui TPAKD berinovasi dan berupaya percepatkan akses keuangan daerah, mewakili Bupati Solok, Eva Nasri, SH, MM memimpin Rapat Koordinasi TPAKD Kab. Solok di Sekretariat BAZNAS pada Selasa, 21 Februari 2024. Adapun peserta Rakor termasuk Kabag Perekonomian, perwakilan instansi terkait, serta Ketua BAZNAS Kab. Solok, Bpk. Edwar, beserta pengurus.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan juga bantuan kepada pelaku usaha penyandang DISABILITAS Kab. Solok, yang diberikan oleh Eva Nasri; SH, MM, mewakili Bupati Solok.

Berdasarkan survei OJK 2022, Indeks Literasi Keuangan Kabupaten Solok sebesar 49,68%, Sedang Indeks Inklusi 85,10%. Rendahnya literasi dan inklusi keuangan tersebut menyulitkan masyarakat dalam mengelola keuangan dengan baik.

Adapun program PANAKOK (Percepatan Akses Keuangan Nagari Kabupaten Solok) memberikan edukasi rencana, pengelolaan, dan akses keuangan di sektor UMKM, Pertanian, dan Pariwisata. Kegiatan ini melibatkan OJK, Perbankan, dan OPD terkait.

Kemudian, Program BERAS SOLOK (Berantas Rentenir di Kabupaten Solok) bertujuan memerangi rentenir dan pinjaman online ilegal.

Edukasi diberikan kepada pelaku usaha UMKM dan Pertanian mengenai rencana keuangan, pengelolaan keuangan, dan rencana usaha.

Berkolaborasi dengan OJK, Perbankan, dan OPD, serta keterlibatan BAZNAS. Memberikan zakat dan pendampingan pada pelaku usaha miskin dan rentan miskin untuk meningkatkan ekonomi.

Pada tahun 2024, program TPAKD di Kabupaten Solok menambah penerima manfaat, yaitu para penyandang disabilitas sekitar 2000 orang, mereka akan dibantu sesuai dengan bidang usaha dan keahliannya masing-masing.

Pada tahun 2023 lalu, TPAKD Kabupaten Solok meraih penghargaan sebagai TPAKD terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat dari OJK RI.

Diharapkan melalui kerjasama antar instansi, TPAKD Kabupaten Solok mampu mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sesuai visi dan misi Bupati Solok. (d79)

BACA JUGA :  Jambore PKK Tingkat Provinsi Sumbar Ditutup, Kabupaten Solok Berhasil Merebut Juara Umum