Perdana, Kabupaten Tanah Datar Serahkan Laporan Keuangan Kepada BPK

166

Padangexpo.com, Padang-Penyerahan laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023 oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM beserta jajarannya mendapatkan sambutan yang ramah dari Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Barat, Arif Agus, SE.MM beserta stafnya, Selasa (27/2) di ruang kepala Perwakilan Kantor BPK Sumatera Barat. Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa apa yang ia lakukan saat ini adalah bentuk tanggung jawab pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar dalam memenuhi amanah PP Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Pada kesempatan ini, pertama kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Kepala BPK perwakilan Peovinsi Sumatera Barat yang telah menjadwalkan penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar, sehingga kami dapat menyampaikan laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar Tahun Anggaran 2023, Selasa tanggal 27 Februari 2024,” papar Bupati Eka Putra.
“Penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Laut tahun anggaran 2023 adalah bentuk tanggung jawab kami dalam memenuhi amanah pasal 191 ayat (2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, yang menyatakan bahwa laporan keuangan pemerintah daerah di sampaikan kepada BPK paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” lanjut Eka Putra.

“Laporan keuangan tahun anggaran 2023 di susun dengan mempedomani peraturan perundang undangan bidang keuangan yang di laksanakan dengan menggunakan sistem informasi. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah kepada masyarakat maupun entitas lainnya,” ujar Bupati Eka.

Terakhir, Eka Putra juga menambahkan bahwa laporan ini di sampaikan kepada BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat untuk di gunakan sebagai media dalam menilai kewajaran penyajian dan kinerja pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar pada pemeriksaan terinci atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar tahun anggaran 2023.

BACA JUGA :  Pemkab Tanah Datar Lakukan Percepatan Layanan Bajak Gratis, Kecamatan Batipuh Tertinggi Dalam Realisasi

“Semoga komitmen kami untuk memperoleh opini yang terbaik dapat tercapai hendaknya. Kepada perangkat daerah terkait, di minta untuk dapat kooperatif dalam memfasilitasi kelancaran pemeriksaan laporan keuangan oleh Tim BPK selama di Kabupaten Tanah Datar,” pungkas Bupati Tanah Datar tersebut.

Arif Agus, SE.MM selaku Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Barat pun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Tanah Datar beserta jajarannya yang sudah berkenan mengantarkan laporan keuangan tersebut kepada BPK.

“Untuk Kabupaten, Tanah Datar pertama yang mengantarkan laopran keuangan tahun anggaran 2023. Sementara, kota lainnya sudah ada 4 kota yang sudah mengantarkan laporan keuangannya di BPK. Tanah Datar adalah Kabupaten yang termasuk paling kooperatif dalam mempertangungjawabkan laporan keuangannya. Terimakasih kami ucapkan atas kedatangan Bupati beserta rombongan di BPK Sumbar,” ujar Arif Agus.

Hadir saat penyerahan laporan tersebut, staf ahli, asisten 3, Kepala Dinas BKD, Kepala Inspektorat Tanah Datar, serta Forkopimda lainnya. (Dwi)