PPD 2024, Tanah Datar Usung Program Satu Nagari Satu Event

160

Padangexpo.com, Tanah Datar-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengusung Program Unggulan Satu Nagari Satu Event dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024 Tingkat Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Barat.

Forum Group Discussion (FGD) Penilaian Tahap II PPD Tahun 2024 dilaksanakan di Indojolito Batusangkar, pada Senin (5/2).

Rombongan tim penilai dipimpin Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat Medi Iswandi disambut Bupati Eka Putra, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi dan wakil Anton Yondra, Saidani, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Jajaran Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, instansi vertikal dan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan dalam penilaian PPD tahun ini, Tanah Datar mengusung Program Unggulan Satu Nagari Satu Event yang telah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi Tanah Datar khususnya nagari-nagari yang melakasanakan event.

“InsyaAllah juara pertama akan selalu kita pertahankan. Bombastis telah membawa harum nama Tanah Datar ke kancah nasional. Sekarang kami mengusung Satu Nagari Satu Event.,” ujar bupati.

“Tujuan Satu Nagari Satu Event sederhana bagaimana menggali potensi yg ada di nagari, budaya, adat, juga melestarikannya, termasuk juga kuliner umkm, target kami dari program ini tidak ingin perputaran uang terjadi di kabupaten saja tapi juga di nagari-nagari lewat UMKM di eventnya. Perutaran uang ini berbeda di tiap nagari, ada yang ratusan juta bahkan miliaran. Kami melihat program ini menarik bagi masyarakt juga perantau,” tambah Bupati.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi menjelaskan kedatangan tim penilai ke Tanah Datar adalah untuk memverifikasi dokumen yang telah dinilai pada penilaian tahap I.

“Tahun lalu Tanah Datar tembus 10 besar nasional, mewakili Sumbar. Tahun ini Tanah Datar kembali lolos seleksi tahap 1, times penilai ada 17 fungsional perencana, tidak bisa ada nilai subjektif di sana,” kata Medi.

BACA JUGA :  Ikuti Kejuaraan Taekwondo Open Tournamen Wali Kota Pariaman Cup 1, Wabup Richi Lepas 10 Atlet

“yang dilakukan hari ini adalah verifikasi apa yang dinilai tim teknis yg menilai secara dokumen. Ada sejumlah aspek yang dicek seperti aspek pencapaian pembangunan, capaian, perencanaan, dan inovasi totalnya ada 24 aspek,”tambahnya.

Medi berharap Tanah Datar lewat Program Satu Nagari Satu Event dapat menjadi yang terbaik tidak hanya di Sumbar tapi juga tingkat provinsi.

“Kami berharap Tanah Datar tidak hanya mewakili Sumbar, tidak hanya masuk 10 besar tapi berhasil membawa pulang piala PPD ini, ini tentu tidak hanya jadi kebanggaan bagi kita tapi daerah kita jadi tempat belajar,” harapnya.

FGD Penilaian Tahap II kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video inovasi, pemaparan materi oleh Kepala Bappeda Litbang Tanah Datar Adriyanti Rustam dan tanya jawab serta diskusi terkait inovasi yang diusung tersebut. (Dwi)