Tingkatkan Pengetahuan Anggota, Bupati Epyardi Asda Pimpin Kegiatan Peningkatan Kapasitas BPN se Kabupaten Solok

6

padangexpo.com (Kabupaten Solok)

Berlangsung di Ruang Pertemuan Baja Cinangkiak Dream Park Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, memimpin pembukaan kegiatan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) se-Kabupaten Solok, Minggu, 11 Februari 2024.

Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Asisten I, Asisten III, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN). Kepala OPD, Kabag Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Solok, Camat dan sekitar 222 orang Pengurus BPN se-Kabupaten Solok juga turut hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala DPMN Romi Hendrawan menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas SDM Anggota BPN dalam menjalankan tugas pokoknya.

Pelatihan Kegiatan dilaksanakan dalam dua gelombang pada tanggal 11-12 Februari 2024 dan 12-13 Februari 2024, sedangkan untuk materi yang dilibatkan mencakup kebijakan Pemerintah Nagari, Tugas Fungsi dan Wewenang BPN, Pengawasan, Pengelolaan Keuangan Nagari, serta Tata Cara Pengisian Anggota BPN.

Dalam kesempatan itu, Bupati Solok Epyardi Asda, menekankan pentingnya peran BPN. Meskipun anggota BPN memahami tugas, kegiatan ini perlu untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas SDM.

Ia menekankan pentingnya SDM dalam pembangunan, khususnya dalam mengelola anggaran yang terus meningkat dan berharap menjadikan Kabupaten Solok sebagai destinasi wisata, namun permasalahan sengketa lahan seringkali menjadi kendala bagi investor.

Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan dapat membantu BPN menyelesaikan sengketa lahan dan berkontribusi pada pembangunan Nagari.

“Saya mengharapkan kerjasama dari seluruh BPN dan lembaga di Nagari untuk menangani setiap permasalahan, termasuk sengketa lahan yang sering terjadi, Dengan demikian, Kabupaten Solok dapat menjadi destinasi wisata yang menarik, ” ucapnya.

Tidak lupa juga, Bupati Solok juga mengajak seluruh BPN, Niniak Mamak, dan lembaga Nagari lainnya untuk bekerja dengan niat tulus dan ikhlas demi kesejahteraan masyarakat. (d79)

BACA JUGA :  Sambut Kunker Ketum Dekranas Wury Ma'ruf Amin, Bupati Epyardi Asda : Kabupaten Solok Siap Terima Investor Untuk Dukung Pelaku UMKM