Atasi Dampak Kekeringan Akibat EL Nino Juni Mendatang, Pemkab Solok MoU Bersama Kodim 0309 Solok

125

padangexpo.com (Kabupaten Solok)

Mengatasi kekeringan yang diperkirakan terjadi akibat fenomena El Nino, Pemerintah Kabupaten Solok telah menjalin kerjasama dengan Kodim 0309 Solok.

Adapun perjanjian kerjasama tersebut dilakukan di Gedung Solok Nan Indah, yang ditandatangani langsung oleh Asisten II mewakili Bupati Solok, Senin, 25 Maret 2024.

Turut hadir Dandim 0309 Solok yang diwakili Kasdim 0309 Solok, perwakilan dari Dinas Pertanian, serta para tokoh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, drh. Kennedy Hamzah, menjelaskan bahwa fenomena El Nino diperkirakan terjadi pada Juni 2024 mendatang. Hal ini berpotensi menyebabkan kekeringan, sehingga dapat mengancam produksi pangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, solusi dari Kementerian Pertanian telah merencanakan penambahan areal tanam padi melalui metode pompanisasi, dengan total sekitar 2.021 hektar lahan di Kabupaten Solok.

“Melalui survei bersama Kodim 0309 Solok dan Penyuluh Pertanian, kami telah menemukan sekitar 2.300 hektar lahan sawah tadah hujan yang layak untuk diperluas melalui metode pompanisasi,” ungkapnya.

Asisten II yang mewakili Bupati Solok, Deni Prihatni, menekankan pentingnya kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan TNI dalam menghadapi tantangan ini.

Ia menyebutkan bahwa Kabupaten Solok memiliki potensi sebagai salah satu lumbung pangan di Sumatera Barat, dengan luas sawah mencapai 20.454 hektar dan produksi padi sebanyak 316.125 ton pada tahun 2023.

“Sasaran pompanisasi ini adalah lahan kering dan sawah tadah hujan. Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan memperluas produksi pangan di daerah ini,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama Antara Dinas Pertanian Kabupaten Solok dengan Kodim 0309 Solok. (d79)

BACA JUGA :  Menuju Gerakan Kota Cerdas, Kadis Kominfo Kabupaten Solok Hadiri Seminar dan Pameran Smart City 2022