Eka Putra: Kualitas Pelayanan Publik Diharapkan Tak Berkurang Selama Ramadhan

104

Padangexpo.com, Tanah Datar – Menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan 1445 H/ 2024 M Bupati Eka Putra SE, MM, Jumat (8/3) menggelar pertemuan dan silaturahmi dengan seluruh ASN dilingkup Pemerintah Daerah Tanah Datar di Masjid Al Amin Komplek Perkantoran di Pagaruyung.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Sekda Iqbal Ramadi Payana, para Staf Ahli, para Asisten, Kepala OPD, para Camat, dan seluruh ASN dilingkup Pemerintah Daerah Tanah Datar.

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra mengharapkan Ramadhan tahun ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh ASN untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT serta memperbaiki silaturahmi antar sesama.

“Kita tahu Ramadhan bagi umat Islam adalah bulan yang penuh berkah, untuk mari kita terus bersyukur dengan meningkatkan ibadah kita kepada Allah,” sampainya.

Dia juga mengajak para ASN bisa menjadi tauladan bagi masyarakat dimanapun berada, terutama di lingkungan tinggal masing-masing. Karenanya, tambah Bupati, gambaran perilaku ASN haruslah mencerminkan nilai-nilai yang baik dimata masyarakat.

Selanjutnya, Bupati Eka Putra juga menyampaikan bahwa selama bulan Ramadhan jam kerja ASN juga disesuaikan sebagai bentuk penghargaan bagi umat Islam. “Jam kerja mulai hari Senin sampai Kamis dari jam 08.00 – 15.00, WIB, semetara hari Jumat dari 08.00 – 15.30 WIB,” terangnya.

Sementara, khusus pegawai di Rumah Sakit dan Puskesmas, Bupati Eka meminta agar pimpinan masing-masing bisa menyesuaikan sesuai dengan situasinya tanpa mengurangi proses pelayanan kepada masyarakat.

“Selama puasa, Saya minta kita tetap produktif, semangat dan ikhlas, dalam menjalankan tugas dan pekerjaan. Mari jadikan pengabdian kita kepada masyarakat menjadi ladang ibadah, jangan sampai pada saat Ramadhan ini akan mengurangi kualitas kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ingatnya.

BACA JUGA :  Tinjau Kelompok Sasaran Audit Kasus Stunting Tahun 2024, Ini Kata Bunda Asuh Anak Stunting Tanah Datar

Selain itu, kepada beberapa Instansi seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan dan juga Sat Pol PP juga diminta untuk meningkatkan pelayanan terutama kepada para perantau yang akan pulang kampung selama libur lebaran nanti.

“Jalang hari raya Idul Fitri tentu akan banyak para perantau yang pulang kampung dan pastinya mereka akan mengunjungi berbagai objek wisata yang ada, untuk itu Saya harapkan petugas dari Dishub, Pol PP, dan Pariwisata untuk lebih maksimal lagi memberikan pelayanan, berikan kesan yang baik kepada para perantau kita yang pulang kampung,” pesannya.

Tidak sampai disitu, Bupati Eka Putra secara khusus juga meminta kepada Dinas Perdagangan untuk terus memantau ketersediaan bahan pokok dan lonjakan harga yang mungkin terjadi selama bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Sementara terkait dengan banyaknya informasi bohong atau hoaks yang sering beredar di masyarakat, Bupati Eka Putra juga meminta kepada seluruh ASN untuk peduli dan memberikan penjelasan dan keterangan yang benar supaya masyarakat tahu informasi yang sebenarnya.

“Tolong ini terus dipantau beberapa isu yang berkembang di masyarakat, supaya kita bisa netralisir dengan baik. Berikan penjelasan kepada masyarakat dan jangan biarkan isu hoaks berkembang. Kita semua berkewajiban untuk menjelaskan kepada masyarakat,” tuturnya.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Eka Putra secara pribadi dan keluarga juga menyampaikan terima kasih serta permohonan maaf kepada seluruh ASN dengan harapan ibadah puasa Ramadhan tahun ini akan diterima dan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. (Dwi)