Hari Pertama SR Reguler, Bupati Kunjungi Mesjid Raya Jihad Ombilin

130

Padangexpo.com, Tanah Datar – Pada Ramadhan tahun 1445 H/2024 M ini, sebanyak 56 masjid yang ada di Tanah Datar akan dikunjungi oleh tim Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Sebanyak 40 masjid akan dikunjungi oleh tim Safari Ramadhan reguler selama 2 hari ini, sementara 16 masjid akan dikunjungi oleh tim Safari Ramadhan Khusus,” ujar Bupati Eka Putra.

Hal ini disampaikannya saat memimpin Tim Safari Ramadhan (TSR) reguler di masjid Raya Jihad, jorong Ombilin, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Senin malam (18/3).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus masjid Raya Jihad Ombilin yang dinilai mampu mengaplikasikan program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, yakni Satu Rumah Satu Hafizh.

“Alhamdulillah, melalui program ini Pemerintah Daerah tahun ini telah memberangkatkan umrah 7 orang anak yang memiliki hafalan Al Qur’an terbaik dan terbanyak. Saya sangat bangga, karena di masjid ini program hafizh Qur’an dijalankan dengan baik,” ulasnya.

Selain itu, Bupati Eka Putra juga mengapresiasi Pemerintah Nagari Simawang yang tahun telah berhasil program Satu Nagari Satu Event dengan pemasukan uang beredar sebanyak 2 milyar lebih.

“Ini sangat luar biasa, dengan capaian ini Nagari Simawang berhasil menorehkan prestasi sebagai yang terbaik ke 2 dari seluruh nagari pelaksana yang ada di Tanah Datar tahun 2023 yang lalu,” sampainya.

Selanjutnya, Bupati Eka Putra juga menyampaikan informasi terkait program bantuan modal yang diberi nama “Makan Rendang” yang mana program ini diharapkan mampu membantu masyarakat yang membutuhkan modal usaha dengan pinjaman maksimal 10 juta rupiah.

“Melalui program Makan Rendang ini, kami berharap bisa membantu masyarakat yang membutuhkan modal usaha sekaligus menghindarkan dari jeratan rentenir. Pinjaman ini juga tanpa bunga dan agunan dan dapat dicicil selama 2 tahun, apabila lancar pada pinjaman pertama, kami juga telah menyiapkan untuk pinjaman lanjutan maksimal 500 juta rupiah,” terang Bupati.

BACA JUGA :  Melewakan Gelar Adat, Kapolda Sumbar Serahkan Benda Pusaka Raja-raja Minangkabau di Istano Basa Pagaruyung

Lebih jauh, Bupati Eka Putra juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar saat ini juga memiliki program berobat gratis bagi masyarakat yang tidak memiliki BPJS kesehatan. Dengan harapan agar semua masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan walau tidak memiliki BPJS kesehatan, karena semua biaya pengobatannya akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah.

Diakhir sambutannya, Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan masyarakat dan jamaah masjid Raya Jihad Ombilin atas kehadiran TSR Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang dipimpin langsung olehnya.

Sebelumnya, Ketua pengurus masjid Raya Jihad Istajib menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan TSR Pemerintah Kabupaten Tanah Datar ke masjid Raya Jihad.

“Ini yang pertama pak Bupati hadir di masjid kami dalam agenda resmi, untuk itu kami atas nama seluruh jamaah dan warga Ombilin menyampaikan terima kasih,” katanya.

Istajib juga menjelaskan bahwa setiap hari selalu diramaikan oleh anak-anak yang mengaji dan belajar tahfiz, hal ini dilakukan demi mendukung program unggulan daerah Satu Rumah Satu Hafizh.

Hal senada juga disampaikan oleh Wali Nagari Simawang Firman. Menurutnya, selain program hafizh Qur’an Pemerintah Nagari Simawang pada Ramadhan tahun ini juga membentuk 8 Tim Safari Ramadhan Nagari yang telah dilaksanakan kemarin malam.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan masjid Raya Jihad sebesar 15 juta rupiah ditambah satu buah Vacum Cleaner. (Dwi)