Intensitas Hujan Tinggi, Jalan Nasional Padang Panjang –  Solok Tertutup Longsor

136

padangexpo.com (Kabupaten Solok)

Intensitas hujan tinggi, Jalan lintas nasional Padang Panjang-Solok (sebelumnya dilaporkan jalan raya Tanah Datar-Solok, red) tertutup longsor tepatnya di tonggak tuo, Jorong Tembok (sebelumnya dilaporkan di Mato Sie, Jorong Biteh), Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Sabtu (23/3/2024).

Akibat longsor tersebut, jalan lintas yang berada pinggir Danau Singkarak itu terputus.

Dalam keterangannya, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendi Sabtu siang, mengatakan, ia dan personelnya sudah berada di lokasi longsor. Longsor terjadi Pukul 09.00 WIB pada Sabtu (23/3/2024). Material longsor menutup badan jalan sepanjang 50 meter dengan ketinggian mencapai 50 centimeter.

“Ini diduga faktor hujan deras dari malam atau dini hari hingga pagi. Dan menyebabkan tanah di lokasi longsor. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, tapi ada kedai kecil yang berada di pinggir danau yang terdampak,” terang Irwan.

Hingga saat ini pihaknya terus berusaha membersihkan material. Namun, karena material yang cukup besar dan jalan tersebut kategori jalan nasional maka ia juga berkomunikasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN).

“Kami sudah koordinasi dengan BPJN, dan alat beratnya sudah menuju ke lokasi dari Padang Panjang. Untuk sementara terjadi kemacatan panjang di jalan lintas ini,”ucapnya.

Sementara waktu, ada jalan lain yang bisa dilalui oleh pengendara yakni jalan lingkar danau Saniang Baka, Kabupaten Solok-Sumpur Kabupaten Tanah Datar.

“Jalan tersebut sebagai alternatif, kalau dari arah Padang Panjang bisa melewati Sumpur. Kalau dari arah Solok bisa melewati Saniang Baka. Meski begitu pengendara tetap harap berhati-hati,” terangnya. (d79)

BACA JUGA :  DPRD Kabupaten Solok Gelar Acara Sertijab Jabatan Administrator Sekretariat