Kunjungi Masjid Tertua di Koto Padang Lua, Ini Harapan Bupati Tanah Datar

39

Padangexpo.com, Tanah Datar-Kunjungan Tim Safari Ramadhan (TSR) tahun 1445 H Khusus yang di komandoi oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM beserta rombongan ke Masjid Aqsha yang merupakan masjid tertua di Koto Padang Luar yang berlokasi di Jorong Panta Padang Lua Nagari Tigo Koto, Kecamatan Rambatan sudah memasuki hari ketiga, Sabtu (16/3).

Wili Adha, Walinagari III Koto menyampaikan rasa terimakasihnya atas kunjungan tim TSR ke Masjid Aqsha ini.

“Terimakasih pak Bupati atas kunjungannya untuk kegiatan safari Ramadhan beserta rombongan di jorong Panta ini. Jorong Panta adalah salah satu jorong tertua di nagari kita, namun akses jalan menuju masjid ini memang perlu kita prioritaskan. Alhamdulillah dalam musrenbang tetap kita dahulukan. Beberapa ruas jalan di nagari III Koto sudah di kerjakan oleh pemerintah daerah, artinya atensi Bupati ke Nagari kami sangat luar biasa, terimakasih pak Bupati,” ujar Wili Adha.

Kemudian, Wili Adha juga menjelaskan bahwa di tahun ini juga Nagari III Koto mendapatkan bantuan pembangunan berupa pengaspalan jalan di Jorong Gantiang dan pembangunan Masjid di Galogandang.

Bupati Eka Putra, dalam kata sambutannya menjelaskan bahwa kami hadir di sini tentu bagaimana kami bisa bertatap langsung dengan jamaah untuk berbuka puasa dengan kepala daerah.

“Dan juga kita melihat langsung kondisi jalan disini dan ada yang longsor tadi, Insyaallah kita bantu di tahun ini. Selanjutnya ada beberapa program unggulan kita yang sampai saat ini masih kita berikan kepada masyarakat.
Alhamdulillah berkat dukungan seluruh masyarakar dan pihak terkait beberapa progul bisa berjalan sukses dan mencapai target, seperti progul satu rumah satu hafizh/hafizah, satu nagari satu event, bajak sawah gratis, tanah datar diujung jari, perbaikan jaringan irigasi, kuota pupuk bersubsidi, asuransi ternak dan asuransi pertanian. Hanya satu yang masih kurang peminat yaitu program Makan Rendang yaitu kredit lunak tanpa bunga guna menghilangkan rentenir di Tanah Datar,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Tak Hanya Wadah Mencari Bakat dan Silaturahmi, Turnamen Chokes Cup 2023 Juga Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

“Lalu ada pengobatan gratis bagi masyarakat kita yang tidak mampu, silahkan datang ke rumah sakit kita di Batusangkar dan Insyaallah nanti akan di layani dengan baik dan semuanya gratis,” pungkas Bupati Eka Putra.

Bupati juga mengapresiasi terhadap rumah tahfizh Jorong Panta yang saat ini lagi berkembang pesat. Bupati berharap agar ini terus di laksanakan dengan baik dan terus di tingkatkan kedepannya nanti.

Bupati Eka Putra juga memberikan bantuan 1 unit Vacum cleaner dan dana sebesar Rp. 15 juta untuk pengurus Masjid Aqsha.

Sekilas tentang Masjid Aqsha yang berusia kurang lebih 120 tahun yang tetap masih berdiri kokoh di Jorong Panta. Dan merupakan pusat kegiatan keagamaan dan tempat beribadah bagi masyarakat Jorong Panta dan Nagari III Koto umumnya.

Turut hadir pada TSR Walinagari III Koto, Kapolsek Rambatan, Camat Rambatan beserta jajarannya, Sekretaris Bapeda Litbang, Sekretaris Dinas kominfo, Sekretaris Dinas Pertanian, Kabag Prokopim, Kabid Trantib Pol PP, Bagian Kesra serta rekan-rekan jurnalis Tanah Datar. (Dwi)