Makanan dan Takjil Pasa Pabukoan Batusangkar Lolos Uji BPOM

33

Padangexpo.com, Tanah Datar – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Payakumbuh bersama Pemkab Tanah Datar melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Pabukoan di Batusangkar.

Sidak tersebut bertujuan untuk memastikan bahan makan atau takjil yang dijual pedagang aman untuk dikonsumsi.

“Tujuan dari sidak ini kami ingin makanan yang dikonsumsi masyarakat bergizi dan tentunya bebas dari bahan yang berbahaya,” kata Kepala BPOM di Payakumbuh Iswadi di Batusangkar Selasa, (19/3).

Iswadi mengatakan selama sidak tersebut berlangsung pihaknya membeli dan mengambil 35 sampel makanan atau takjil yang diuji kehigienisannya.

“Dari 35 sampel itu kita lakukan tes cepat, Alhamdulillah semuanya aman dikonsumsi dan tidak ada yang mengandung bahan berbahaya,” kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita, mengatakan selain melakukan pemeriksaan terkait bahan makanan yang berbahaya di Pasar Pabukoan Batusangkar pihaknya juga melakukan pemeriksaan pada toko-toko di area Batusangkar dan sekitarnya.

Pemeriksan meliputi sebagian wilayah Kecamatan Sungai Tarab, Kecamatan Rambatan, Kecamatan Lima Kaum dan dikawasan pasar Batusangkar sendiri.

Yesrita menyebut pemeriksaan tersebut sebagai upaya Pemkab Tanah Datar bersama BPOM dalam rangka mengedukasi pedagang untuk selalu menjual makanan yang aman sehingga tidak membahayakan bagi pembeli.

“Misalnya makanan yang sudah kadaluarsa atau makanan yang sudah melebihi batas expired untuk tidak dijual lagi ke masyarakat,” kata dia.

Sebelumnya Pemkab Tanah Datar membentuk dua Pasar Pabukoan selama Ramadan 1445 Hijriah bagi masyarakat di daerah itu yang ingin membeli takjil untuk berbuka puasa. Yaitu dia kawasan Lapangan Gumarang dan Pasar Batingkek Pasar Batusangkar. (Dwi)

BACA JUGA :  Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Tanah Datar Terima Honorarium