Pimpin Kunjungan Perdana TSR ke Masjid Raya Singkarak, Bupati Epyardi Asda : Ini Kegiatan Rutin Tiap Ramadhan

125

padangexpo.com (Kabupaten Solok)

Bupati Solok, Epyardi Asda memimpin kunjungan Tim Safari Ramadhan (TSR) di Masjid Raya Singkarak, pada Sabtu malam, 16 Maret 2024.

Kegiatan tersebut merupakan safari pertama yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok pada Ramadhan 1445 H.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan rasa syukurnya atas kunjungan perdana TSR yang merupakan agenda rutin Pemerintah Daerah pada setiap bulan Ramadhan.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat menjalankan Safari perdana di bulan suci Ramadhan kali ini. Seperti yang telah kita ketahui bersama, safari ramadhan adalah kegiatan rutin yang diakan oleh Pemerintah Daerah setiap bulan Ramadhan,” ujarnya.

“Mewakili Pemkab Solok serta Forkopimda, kita mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Nagari Singkarak, khususnya Kabupaten Solok. Kita telah berhasil melaksanakan Pemilu Serentak dengan semangat demokrasi tanpa adanya masalah yang berarti,” tambahnya.

Bupati turut bersyukur atas perubahan yang terjadi sejak 15 Tahun berdirinya Masjid Raya Singkarak. Menurutnya, saat ini Masjid tersebut telah memiliki jamaah yang banyak serta perkembangan pembangunan yang terus berlanjut.

“Kita sangat bersyukur dapat hadir di Masjid ini, dan Alhamdulillah telah banyak perubahan selama 15 tahun berdirinya Masjid ini. Jamaah di Masjid ini juga sudah sangat banyak, semoga suasana yang seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya,” ujarnya.

Selain kunjungan Safari Ramadhan, Bupati bersama Pemkab Solok juga turut memberikan bantuan dana sebesar Rp 10 Juta untuk setiap masjid yang di kunjungi.

Pada kesempatan tersebut, Bukhari selaku Pengurus Masjid Raya Singkarak juga turut menyampaikan ucapan terima kasihnya.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajaran TSR yang telah hadir di Masjid kita ini. Alhamdulillah pada tahun ini, Masjid yang kita cintai ini mendapat kunjungan dari Bapak Bupati. Semoga di tahun berikutnya, Masjid Raya Singkarak ini tetap menjadi salah satu kunjungan dari TSR kedepan,” ujarnya

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kabupaten Solok Kunjungi Pos PAM Lebaran di Kubung dan Kacang Singkarak

Dalam sambutannya, Bukhari juga menyampaikan beberapa kegiatan rutin yang diadakan di Masjid tersebut.

Kegiatan tersebut yakni, Wirid Mingguan, Pembinaan Tilawatil Quran anak-anak, serta pembinaan generasi muda bersama alim ulama.

“Masjid yang kita cintai ini, telah rutin diadakan berbagai macam kegiatan. Yakni, kegiatan wirid mingguan, pembinaan kepada anak-anak Tilawatil Quran, Pembinaan Generasi Muda bersama Alim Ulama. Ini semua demi menciptakan generasi muda yang beragama di Nagari kita,” ucapnya.

“Namun, terdapat harapan yang sangat besar bagi jamaah kita. Kita berharap adanya penambahan AC demi kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadahnya di masjid yang kita cintai ini. Tapi, dengan terbatasnya biaya, hal tersebut belum dapat terealisasi,” tutupnya.

Dalam paparannya, Bukhari menyatakan bahwa adanya keterbatasan biaya dalam melaksanakan pengembangan Masjid. Ia menyatakan bahwa saat ini Masjid membutuhkan penambahan AC untuk kenyaman jamaah dalam beribadah, namun keterbatasan biaya masih menjadi hambatannya.

Setelah pemaparan berbagai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan tausyiyah agama oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok.

Diakhir acara, Bupati menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah Daerah kepada Masjid Raya Singkarak berupa uang sebesar Rp 10 Juta.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolresta Solok, Ketua Pengadilan Kota Solok, Kakan Kemenag Kab.Solok, Sekda, Ketua TP-PKK Kab.Solok, Staf Ahli Bid.Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Staf Ahli Bid.Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Asisten I, Asisten II, Asisten III.

Kemudian, Kepala OPD, Ketua Baznas Kab.Solok, Dirut PDAM Kab.Solok, Camat X Koto Singkarak, Forkopimcam, Walinagari Singkarak, Kepala KAN dan BPN Singkarak.

Niniak mamak, Alim ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, serta Tokoh dan Masyarakat setempat juga turut hadir. (d79)