Wujud Peduli Terhadap Bencana Alam, Bupati Epyardi Asda Salurkan Bantuan Alat Berat Hingga Kompor Gas di Pesisir Selatan

193

padangexpo.com (Kabupaten Solok)

Bupati Solok, Epyardi Asda mengunjungi Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menyerahkan bantuan kepada korban terdampak bencana banjir dan longsor. Bantuan tersebut sebagai upaya dari Pemerintah Kabupaten Solok dalam memberikan dukungan dan bantuan kepada saudara-saudara terdampak banjir dan longsor di Pesisir Selatan.

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Kantor Camat Koto XI Tarusan yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Solok, Epyardi Asda kepada Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar.

Turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Anggota Dewan Pessel, Tokoh masyarakat, Calon Anggota DPRD terpilih, Asisten I, Camat Koto XI Tarusan, serta berbagai OPD terkait lainnya, Selasa (18/3).

Dalam kesempatan tersebut, Rusma Yul Anwar menyambut dengan baik kedatangan Bupati Solok beserta rombongan dalam rangka memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana alam.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta rombongan yang telah datang memberikan bantuan. Bantuan yang diberikan berupa kompor gas, tikar, pakaian, alat berat, maupun mobil damkar yang telah lebih dulu didatangkan.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak Bupati beserta rombongan yang telah datang dan bertemu secara langsung dengan masyarakat kita yang terdampak bencana,” ujarnya.

“Saya turut berterima kasih atas bantuan berupa kompor gas, tikar, alat berat, serta mobil damkar yang telah datang kemarin. Bantuan ini dalam rangka membantu kita membersihkan sisa-sisa material banjir dan longsor,” tambahnya.

Terdapat 13 kecamatan yang terdampak banjir dari 15 kecamatan yang ada di Pesisir Selatan, terang Rusma Yul Anwar.

“Sebanyak 13 kecamatan dari 15 kecamatan di Pesisir Selatan terdampak banjir dan longsor. Kurang lebih sebanyak 78.000 masyarakat di sepanjang aliran sungai telah terdampak banjir dan longsor. Bantuan alat berat yang kami terima ini sangat membantu dalam membersihkan material sisa longsor. Semoga kebaikan bapak Bupati beserta rombongan dibalas oleh Allah SWT,” tutupnya.

BACA JUGA :  Dalam Rangka Monitoring dan Evaluasi Pj Bupati Solok Kunjungi Kantor Camat IX Koto Sei Lasi

Epyardi Asda turut menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatannya memberikan bantuan, mengingat Kabupaten Solok juga sedang dilanda banjir di beberapa wilayah. Meskipun demikian, ia menyatakan prihatinannya terhadap kondisi yang tengah dialami masyarakat Pessel.

Menurutnya, lebih dari 75% teradapat kejadian longsor di Pesisir Selatan yang di mulai dari sepanjang jalan menuju lokasi bencana.

“Saya sangat prihatin atas musibah yang tengah dialami oleh masyarakat Pessel. Saya mewakili Kabupaten Solok, turut prihatin dan merasa sedih dengan musibah yang sedang dilanda saat sekarang ini,” ujarnya.

“Mohon maaf jika saya baru sempat datang karena Kabupaten Solok juga sedang mengalami musibah banjir meskipun tidak separah yang dialami Kabupaten Pesisir Selatan. Saya sangat prihatin, terlihat lebih dari 75% kami menemukan longsor disepanjang jalan menuju Pesisir Selatan ini. Jika membutuhkan alat berat lagi, kami selalu siap dalam membantu saudara kami di Pesisir Selatan ini,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Solok telah menyediakan berbagai bantuan untuk masyarakat Pesisir Selatan, termasuk kompor gas, pakaian, kain sarung, mukena, minyak goreng, hingga tikar.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Solok juga telah mengirim mobil Damkar beserta 30 personilnya untuk membantu membersihkan sisa material longsor di Pesisir Selatan.

“Kita telah menyediakan bantuan kepada masyarakat Pessel, yakni 100 set Kompor Gas, lalu pakaian sebanyak 400, 10 kodi kain sarung, 50 set mukena. Selain itu, sebanyak 234 L minyak goreng, 30 lembar tikar juga kita berikan. Sedangkan mobil damkar beserta personilnya telah lebih dahulu kita datangkan kesini,” ujarnya.

Usai penyerahan bantuan, Epyardi Asda beserta rombongan berdialog secara langsung dengan masyarakat terdampak banjir.

Selama kunjungan, terlihat masyarakat sangat antusias menerima bantuan yang diberikan oleh Bupati Solok. (d79)