Dewan Kebudayaan Terbentuk, Ini Harapan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar

138

Padangexpo.com, Tanah Datar-Pembentukan Dewan Kebudayaan yang di prakarsai oleh seluruh pelaku seni dan budaya Tanah Datar yang terdiri dari seniman tari, musik, seni rupa, ukir, kontemporer dan pelaku seni lainnya, yang tergabung dalam wadah GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah), berlangsung di kantor bidang Kebudayaan, Rabu (17/4).

Riki Rikarno Rajo Bemdang, selaku Ketua Dewan Kebudayaan terpilih untuk masa jabatan periode 2024-2027 pada kata sambutannya berharap bahwa dengan terbentuknya Dewan Kebudayaan Tanah Datar bisa menjadi pelestarian warisan budaya.

“Berikut adalah beberapa harapan untuk Dewan Kebudayaan di masa depan:

Pelestarian Warisan Budaya: Semoga Dewan Kebudayaan terus memimpin dalam upaya pelestarian warisan budaya kita. Ini bisa melibatkan pendanaan dan dukungan untuk restorasi situs-situs bersejarah, pengembangan program pendidikan tentang budaya lokal, dan promosi kesenian tradisional.

Inklusi Budaya: Harapan kita adalah Dewan Kebudayaan menjadi penghubung antara beragam kelompok etnis dan budaya dalam masyarakat. Program-program yang merayakan keanekaragaman budaya dan mempromosikan pemahaman saling antarbudaya akan sangat berharga.

Penggunaan Teknologi untuk Edukasi: Di era digital ini, penting untuk memanfaatkan teknologi untuk mendidik tentang kebudayaan. Dewan Kebudayaan bisa merancang aplikasi, platform daring, atau pengalaman virtual untuk mengajar tentang sejarah, seni, dan tradisi budaya.

Kolaborasi dengan Komunitas Lokal: Melibatkan komunitas lokal dalam kegiatan Dewan Kebudayaan adalah kunci. Ini tidak hanya memastikan partisipasi aktif, tetapi juga memastikan bahwa kebutuhan dan aspirasi masyarakat lokal tercermin dalam program-program kebudayaan.

Kreativitas dan Inovasi: Kami berharap Dewan Kebudayaan terus menginspirasi kreativitas dan inovasi dalam dunia seni dan budaya. Mendukung seniman lokal, memfasilitasi residensi seniman, dan memberikan ruang untuk eksperimen dan kolaborasi akan membawa kehidupan budaya yang lebih dinamis.

BACA JUGA :  Upaya Tangani Inflasi, Wako Payakumbuh Serahkan Bantuan Bibit Cabe dan Pupuk

Pendidikan Kebudayaan untuk Generasi Muda: Penting untuk memperkenalkan generasi muda pada warisan budaya mereka. Program-program pendidikan yang menarik dan menyenangkan akan membantu membangun kesadaran dan penghargaan terhadap kekayaan budaya yang dimiliki.

Keberlanjutan Lingkungan: Dalam semua kegiatan kebudayaan, keberlanjutan lingkungan harus menjadi pertimbangan utama. Dengan mempromosikan praktik ramah lingkungan dalam organisasinya sendiri dan dalam acara-acara yang diadakan, Dewan Kebudayaan dapat menjadi contoh dalam menjaga alam.

Semoga Dewan Kebudayaan dapat terus menjadi garda terdepan dalam melestarikan, merayakan, dan mempromosikan kekayaan budaya kita untuk generasi mendatang,” papar RR Rajo Bendang.

Inhendri Abas Dt. Rajo Tan Basa, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar juga berharap dengan adanya Dewan Kebudayaan ini bisa menjadi salah satu wadah untuk membantu program pemerintah daerah seperti program unggulan satu even satu nagari.

“Kita dari jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat mengapresiasi terbentuknya Dewan Kebudayaan ini karena ini adalah bahagian tugas kita di bidang kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian, ini juga kami berharap mampu nanti bersinergi dengan program unggulan Bupati Tanah Datar, satu even satu nagari sehingga nanti Dewan Kebudayaan ini bisa memberikan kontribusi lebih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan khususnya dan umumnya Tanah Datar Luhak Nan Tuo,” ujar I. A Dt. Rajo Tan Basa.

Kemudian, Dt. Rajo Tan Basa juga menyampaikan bahwasannya selaku pusek jalo pumpunan ikan, Tanah Datar lebih menonjolkan nilai-nilai adat dan budaya.

“Sehingga filososfi Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah Insyaallah bisa kita wujudkan dengan di tambah lagi dengan program unggulan satu rumah satu hafidz,” pungkas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar tersebut.

BACA JUGA :  Untuk Lakukan Kajian Lebih Intensif, Camat Rambatan Serahkan Hasil Ketetapan Musrenbang Kepada Anggota DPRD Tanah Datar

Adapun susunan kepengurusan Dewan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar periode 2024-2027 adalah:
Ketua: Riki Rikarno, M.Sn
Sekretaris: Tri Elita Rahmi, S.Sn
Bendahara: Welia Finoza, M.Sn…(Dwi)