Eka Putra: Saya Apresiasi Kegiatan Rajawali Tahun 2024 se Kecamatan Salimpaung Ini

150

Padangexpo.com, Tanah Datar-Kegiatan Rapat Koordinasi Walinagari (Rajawali) se Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar, Rabu (24/4) yang berlokasi di kantor Jorong Guguak Tinggi, Nagari Sumanik langsung di hadiri oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM.

Yopi Hendra, Walinagari Sumanik pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih atas kedatangan Bupati Eka Putra atas kegiatan ini.

“Dengan hadirnya Bupati Tanah Datar saat ini dalam kegiatan Rajawali merupakan hal yang istimewa bagi kami. Dan pada kegiatan hari ini, sumanik menjadi tuan rumahnya. Kami mohon arahan dari Pak Bupati supaya kedepannya di Kecamatan Salimpaung khususnyan kami walinagari tetap meminta arahan dan petunjuk untuk kemajuan Salimpaung dan Tanah Datar,” ujar Yopi Hendra.

Ranisman, SH, Ketua BPRN Supayang menambahkan bahwa Rapat Kerja Walinagari ini merupakan Rapat agenda tahunan di Kecamatan Salimpaung.

“Tugas kami selaku BPRN adalah musyawarah nagari, APB Nagari dan evaluasi kerja nagari. Dan itu telah kami lakukan sesuai dengan aturan yang berlaku, termasuk kegiatan saat ini dimana Rajawali hari ini kami berharap lebih di tingkatkan lagi harmonisasi antara BPRN dan Nagari, kami juga berharap dengan kegiatan Rajawali ini tetap kita terus mendukung progul Bupati Tanah Datar,” papar Ranisman.

A. Dt. Panduko Maharajosindo, Ketua KAN Lawang Mandailing, menambahkan bahwa kegiatan ini adalah Rajawali yang ke empat.

“Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dari seluruh elemen. Kami mendukung program yang sudah berjalan di Kecamatan Salimpaung dengan selalu berkoordinasi dengan tigo tungku sajarangan, KAN, BPRN dan Walinagari. Kami juga meminta petunjuk dari Bupati untuk langkah selanjutnya khususnya KAN. Dan kami tetap mendukung program Bupati yang sudah berjalan hingga saat ini, kami siap saling berkoordinasi dengan Pemerintah daerah, Kecamatan dan nagari. Apapun program dari nagari dan pemerintah daerah, kita siap seiring jalan,” ucap Dt. Panduko.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kapasitas Kerja, 72 ASN BKD Ikuti Pendidikan dan Pelatihan SDM

Khairunas, S.STP, Camat Salimpaung pada kata sambutannya mengatakan bahwa Rajawali ini juga akan membahas soal bencana terkait dampak dari erupsi dan banjir bandang kemaren.

“Insyaallah kita sudah mengevaluasi data para korban, pak Bupati, dan Alhamdulillah kita juga akan menyiapkan MTQ dimana ini salah satu program unggulan Bupati Tanah Datar, serta progul lainnya. Untuk itu, kami juga lebih intens lagi perlu support dan dukungan dari Bupati, kerjasama ini tetap harus berlanjut dan berkelanjutan agar pembangunan bisa merata di segala lini. Mudah-mudahan bisa terwujud di bawah bimbingan pak Bupati, Datar Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah,” kata Khairunas.

Kemudian khairunas juga menyampaikan tentang memanfaatkan media sosial untuk menginformasikan progul Pemerintah daerah khususnya Bupati Tanah Datar agar masyarakat tau bahwa program ini sedang berjalan dengan baik.

“Jangan terpengaruh soal politik, tetap jalankan sesuai arahan dan regulasi,” pungkas Khairunas.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM menyampaikan bahwa insyaallah persoalan jalan kabupaten mulai dari Supayang, Situmbuk dan Sumanik sudah di siapkan anggaranya sebesar Rp. 9 M yang akan di kerjakan di tahun ini. Juga akan di bangun pabrik tomat di Lawang Mandailing.

“Terkait persoalan KAN, kita juga menunggu perbup agar kita bisa membantu KAN kedepannya nanti, namun kita juga saat ini berupaya membantu pembangunan kantor KAN Lawang Mandailing, dan banyak lagi untuk Kecamatan Salimpaung yang kita anggarkan, lebih dari Rp 20 M kita anggarkan pembangunan infrastrukturnya. Tiap tahun pembangunan Kecamatan Salimpaung ini kita prioritaskan, juga terkait pendidikan, ada Program seragam gratis yang kita berikan buat anak murid, mulai dari SD, SMP, dan sederajatnya. Ada juga soal pertanian berupa bajak gratis, pemberantasan rentenir, satu rumah satu hafizh dimana lebih dari limapuluh persen hendaknya di tahun 2045 nanti kita sudah penghapal Al-Quran. Dan juga karena akhir-akhir ini kita rawan bencana, Insyaallah kita sudah mendapatkan bantuan dari pusat, tinggal mengumpulkan data korban yang ananti akan kita bantu,” tutur Bupati Eka Putra.

BACA JUGA :  Prabowo Presiden Gerindra Menang

“Yang jelas, saya mengapresiasi kegiatan ini karena bisa menyatukan seluruh unsur, untuk saling berkolaborasi membangun Kecamatan Salimpaung, sampaikan ke masyarakat bahwa kita selalu bekerja demi kepentingan masyarakat,” tutup Eka Putra.

Acara juga di hadiri oleh seluruh forkopimca Kecamatan Salimpaung..(Dwi)