Festival Saghibu Dulang, Tradisi Budaya Nagari Tanjung Barulak

81

Padangexpo.com, Tanah Datar -Agenda progul tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar berupa Satu even satu nagari, kini hadir di Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Tanjung Emas dengan tema Saghibu Dulang, yang dilaksanakan dilapangan bola kaki Nagari Tanjung Barulak, Sabtu (13/4).

Acara ini di buka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM. Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa ia apresiasi atas penampilan sanggar anak nagari serta komoditas daun jeruk puryt yang menjadi andalan perekonomian masyarakat Tanjung Barulak.

“Saya dan rombongan sangat bangga karena terpukul oleh penampilan anak nagari saat ini, baik itu tari kolosalnya ataupun sifatnya. Luarbiasa tari liamu jeruk purutnya, Insyaallah kita akan tampilkan nanti di festival Pesona Minangkabau. Juga rumah akarnya yang menjadi destinasi wisata lokal maupun mancanegara. Terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Tanjung Barulak yang sudah bahu membahu untuk memancarkan acara ini yang berkolaborasi dengan para perantau,” ujar Bupati Tanah Datar.

“Saya juga apresiasi setinggi-tingginya karena daun jeruk purut ini menjadi komoditi yang menjanjikan bagi perekonomian masyarakat Tanjung Barulak, kita akan bantu memfasilitasinya dengan Dinas terkait, semoga kedepannya kolaborasi antara pemerintahan nagari dengan pemerintahan daerah bisa berjalan dengan baik,” pungkas Eka Putra.

Fuadil Hulum, Walinagari Tanjung Barulak mengungkapkan rasa terimaksihnya kepada Bupati Tanah Datar beserta rombongan atas kehadirannya pada acara festival Saghibu Dulang ini.

“Terimakasih kepada pimpinan daerah Kabupaten Tanah Datar, Bupati Eka Putra atas program unggulannya. Progul yang sama-sama kita ketahui memiliki banyak manfaat untuk masyarakat Tanah Datar dalam mengeksplor kearifan lokasi segala bidang, terkhusus Nagari Tanjung Barulak, bisa memberikan manfaat yang signifikan terutama di bidang ekonomi dan adat tradisi,” papar Fuadil Hulum.

BACA JUGA :  Bertindak Selaku Irup, Bupati Tanah Datar Sampaikan Amanat Mensos RI Dalam Peringatan Hari Pahlawan Nasional

Lebih lanjut, Fuadil juga mengatakan bahwa Nagari Tanjung Barulak mempunyai potensi budaya yang kaya, antara lain bidang kebudayaan, ekonomi dan pariwisata serta UMKM.

“Jadi, dengan adanya even ini harapan kita ininakan menjadikan momentum bagi kita bersama meningkatkan persatuan dan kebersamaan kita sinergitas antara ranah dan rantau. Ini adalah poin utama sekali dengan adanya even ini, nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya,” tutup Fuadil Hulum.

Acara ini juga di hadiri oleh Forkopimda Tanah Datar, Perantau, Camat Tanjung Emas, Walinagari Tanjung Barulak, seluruh walinagari se Kabupaten Tanah Datar, anggota DPRD Provinsi dari Fraksi Golkar, Kapolsek Tanjung Emas, Ketua KAN dan tokoh masyarakat Nagari Tanjung Barulak. (Dwi)