Ketua KAN Pagaruyung: Bupati Eka Putra itu Saudara dan Anak Kami dari Pagaruyung

143

Padangexpo.com, Tanah Datar -Menanggapi sebuah opini yang beredar di media sosial yang di rilis oleh salah satu media online di Tanah Datar, Armen Dt. Damoanso selaku Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pagaruyung angkat bicara. Pada sesi wawancara Sabtu (29/4) di Kantor Walinagari Pagaruyung, A. Dt. Damoanso di dampingi oleh Walinagari serta Ketua BPRN Pagaruyung mengatakan bahwa ia sangat terkejut dengan berita/opini yang ada di media sosial.

“Kami selaku pemerintahan nagari dan saya selaku Ketua KAN sangat terkejut dengan berita atau opini yang beredar di media sosial (grup WhatsApp) dimana seakan-akan kami di benturkan dengan pemerintahan kabupaten Tanah Datar terutama Bapak Bupati Eka Putra. Padahal, kami sendiri tidak ada komunikasi dengan jurnalis tersebut, kenal aja tidak saya dengan wartawan tersebut,” ujar A. Dt. Damoanso.

Lebih lanjut, hubungan baik secara emosional dan pemerintahan nagari, antara Nagari Pagaruyung dengan pemerintah daerah khususnya selama ini berjalan baik.

“Bupati itu saudara dan anak kami yang juga berasal dari Pagaruyung. Hubungan kami terutama Ninik mamak dengan Eka Putra sangat baik. Sejauh ini tidak ada kendala baik dalam hubungan person maupun pemerintahan. Namun untuk langkah selanjutnya, kami juga coba berkoordinasi dengan pemerintahan nagari, seluruh lembaga unsur dan Bupati Eka Putra selaku anak daripada kami untuk langkah selanjutnya,” lanjutnya.

Ketua BPRN Pagaruyung, Syaiful Janah menambahkan sejauh pemerintahan nagari ini berjalan dengan selama pemerintahan Bupati Eka Putra, hubungan antara pemerintahan nagari dan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar sangat baik.

“Dan ini selalu di support oleh Bupati Eka Putra melalui pembangunan-pembangunan dan enggak ada rasanya permasalahan yang meruncing dengan pemerintah daerah. Itulah, kami sangat terkejut dengan opini yang beredar di medsos. Ini sangat kami sayangkan, membenturkan kami dengan pemerintah kabupaten yang telah berusaha memfasilitasi persoalan kami dalam permasalahan tapal batas,” papar Syaiful Janah.

BACA JUGA :  Hadiri Hari Jadi Partai Demokrat yang ke-21, Bupati Eka Putra : Konsolidasi Partai Jadikan Pemerintah Lebih Kuat

Irmaidinal Dt. Magek, Walinagari Pagaruyung hampir senada, mengungkapkan bahwa atas nama pemerintahan sangat terkejut sekali dengan opini yang beredar di grup WhatsApp di Tanah Datar.

“Seakan-akan opini ini membenturkan kami pemerintahan nagari Pagaruyung dengan pemerintah kabupaten Tanah Datar, khususnya Bupati Eka Putra. Kami sangat menyayangkan sekali dengan beredarnya opini ini. Bahkan belum pernah kita selaku Walinagari di mintai keterangan untuk opini tersebut. Artinya, sangat di sayangkan hal ini terjadi, sementara hubungan kami dengan pemerintah daerah sangat baik. Untuk langkah selanjutnya, nanti kami bermusyawarah dengan lembaga unsur yang lainnya untuk mengambil sikap dan kita coba juga minta nasehat atau pendapat kepada Bupati Eka Putra selaku pimpinan daerah Kabupaten Tanah Datar,” pungkas I. Dt. Magek. (Dwi)