Luar Biasa!Tanah Datar Satu-satunya Kabupaten yang Gelar Festival Takbiran di Sumatera Barat

72

Padangexpo.com, Tanah Datar -Sempat diguyur hujan tidak menyurutkan semangat generasi muda peserta takbiran tingkat kabupaten Tanah Datar yang di ikuti peserta terbaik di tingkat kecamatan se Tanah Datar. Festival Takbiran ini merupakan satu-satunya festival yang ada di antara kabupaten kota lainnya di Sumatera Barat, yang di laksanakan oleh Kabupaten Tanah Datar sejak Eka Putra memimpin Tanah Datar dari Tahun 2021.

Di hadapan ratusan masyarakat Tanah Datar, Bupati Eka Putra dan Ketua DPRD Roni Mulyadi bersama Forkopimda mengkumandangkan takbir di lapangan Cindua Mato Batusangkar sekaligus membuka secara resmi Festival Gema Takbiran tingkat Kabupaten Tanah Datar, Selasa (9/4) malam.

Turut hadir Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Kepala Kementerian Agama, Staf Ahli Bupati, Asisten, pimpinan OPD, Kabag di lingkungan Sekretariat Daerah, camat, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny Lise Eka Putra dan istri Forkopimda, pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan organisasi dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua PHBI Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana sampaikan kegiatan Gema Takbiran merupakan kegiatan yang rutin pemerintah daerah sebagai wujud mensyiarkan agama Islam dalam rangka menyambut kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Peserta diikuti oleh utusan dari masing-masing kecamatan yaitu 14 kecamatan se kabupaten Tanah Datar dengan memperebutkan hadiah yaitu juara 1 sebesar Rp 4 juta, juara 2 sebesar Rp 3 juta dan juara 3 sebesar Rp 2 juta serta masing-masing peserta mendapatkan sertifikat dan bantuan transportasi sebesar Rp 1 juta,” lanjut Iqbal.

Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi atas terlaksananya festival gema takbiran oleh remaja masjid se Kabupaten Tanah Datar ini.

“Ini salah satu ikhtiar kita bersama, melalui festival gema takbiran, ini kita harapkan agar bagaimana generasi muda kita di Tanah Datar bisa mencintai masjid dan Al Quran. Untuk itu, Saya atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Datar berterima kasih kepada segenap panitia dan pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan Tanah Datar Madani,” paparnya.

BACA JUGA :  Jum'at Curhat, Kapolsek Tanjung Emas Terima Aduan dan Keluhan Masyarakat

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga berpesan agar nantinya setiap grup yang tampil tidak hanya mengutamakan kreatifitas dan instrumennya saja, namun haruslah sampai pada makna dan tujuannya sebagai generasi muda yang memiliki jati diri dan siap untuk mensyiarkan agama Islam.

Bupati Eka Putra sebagai pimpinan daerah atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah juga tak lupa mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah.

“Semoga Allah menerima ibadah yang telah kita lakukan, dan mengampuni segala dosa dan kesalahan kita semua. Alhamdulilah jatuhnya 1 Syawal pada tahun ini Pemerintah menetapkan pada Rabu 9 April 2024, untuk pelaksanaan sholat Id akan dilaksanakan di lapangan Cindua Mato Batusangkar, apabila hujan akan dilaksanakan di masjid masjid di seputaran Batusangkar,” lanjutnya.

Diakhir arahannya Bupati juga imbau masyarakat Tanah Datar untuk merayakan kemenangan dengan penuh kesederhanaan dan tidak berlebihan, dan kepada jamaah agar dalam pelaksanaan sholat Id nanti untuk senantiasa menjaga kebersihan dan fasilitas serta senantiasa menjaga kenyamanan beribadah. (Dwi)