Polres Payakumbuh Siap Amankan Perayaan Idul Fitri 2024

34

Padangexpo.com, Payakumbuh,- Polres Payakumbuh melaksanakan apel gelar pasukan tanda dimulainya pelaksanaan pengamanan perayaan Idul Fitri 2024 dalam gelaran Operasi Ketupat Singgalang 2024, Rabu (03/04) bertempat di Lapangan Apel Mapolres Payakumbuh.

Hadir dalam gelaran tersebut unsur Forkopimda Kota Payakumbu diantarantya Pj Walikota Drs Jasman, Danyon 131/Brs Letkol Inf Andit Pranata, personil TNI-Polri serta stake holder lainya.

Membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan, Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, S.I.K.M.H menyebut apel gelar pasukan yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Singgalang 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan Stakeholder terkait lainya dalam perayaan Idul Fitri 1445 H.

Kapolres melanjutkan, Polri bersama dengan Kementrian Perhubungan dan PUPR telah mengeluarkan surat keputusan bersama tentang pengaturan lalu lintas serta penyebrangan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024/1445 H

” Kebijakan ini diharapkan mampu mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran serta kenyamanan arus lalu lintas, ” ujar Kapolres.

Kepada petugas di lapangan Kapolri juga berikan arahan diantaranya untuk mengoptimalkan sinergi dan koordinasi antar satgas dan stakeholder terkait, pahami karateristik wilayah bertugas serta skenario yang harus dipersiapkan saat hadapi potensi gangguan, perhatikan aspek keamanan dari gangguan kamtibmas pada lokasi rawan seperti rumah kosong yang ditinggal mudik, lokasi wisata dan pusat keramaian lainya selain itu yang tak kalah pentingnya libatkan kelompok-kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan dalam pengamanan sholat ied sebagai wujud toleransi dan keberagaman Indonesia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Polres Payakumbuh sendiri telah menyatakan kesiapanya dalam pelaksanaan pengamanan lebaran tahun 2024 ini. Hal ini terlihat dengan sudah adanya 2 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan yang dibangun sejak H-7 lebaran, gelaran 145 personil kepolisian serta dibantu 93 personil stakeholder dilapangan untuk amankan jalanya arus mudik dan balik lebaran 2024/1445 H selama 13 hari kedepan dimulai tanggal 4 s.d 16 April 2024 mendatang. (Ken)

BACA JUGA :  Banyak Guru Terpapar Covid-19 di Payakumbuh