Asupan Sehat dan Bergizi Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Fisik dan Kecerdasan Anak

50

Padangexpo.com, Tanah Datar -Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan solusi yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik (halalan thayyibah) bagi keluarga.

Dari dahulu hingga sekarang ahli-ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu mengkonsumsi ikan agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan dimasa yang akan datang.

Maka bukan saja generasi yang sehat dan cerdas saja yang diperlukan, tetapi juga mempunyai mental dan perilak yang baik, asupan yang sehat dan bergizi bermanfaat untuk penumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Tanah Datar Drs. Iqbal Ramadi Payana M. Si saat membuka Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forukan) Nasional tingkat Kabupaten Tanah Datar di Aula Bappeda dan Litbang Senin, (6/5).

Sekda Iqbal mengatakan, data menunjukan bahwa negara yang mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang relatif cukup, jarang mengidap penyakit jantung (kardiovaskuler) dan mempunyai umur yang relatif panjang.

“Sebagai contoh adalah suku bangsa eskimo dan jepang, makan ikan berarti terhindar dari penyakit degeneratif seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker, serta meningkatkan kecerdasan,” kata Sekda.

Lebih lanjut, pada kesempatan rapat koordinasi forikan tersebut menghimbau agar kita bersama-sama menyatukan tekad dan niat untuk memajukan kesejahteraan kabupaten tanah datar melalui peningkatan konsumsi ikan di tengah masyarakat yang tentunya harus dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga agar generasi penerus bangsa dapat menjadi generasi yang berkualitas.

Selanjutnya kepada seluruh pengurus forikan untuk bersama-sama berperan aktif dalam mensosialisasikan gerakan makan ikan (gemarikan) di seluruh lapisan masyarakat agar konsumsi ikan masyarakat kabupaten Tanah Datar semakin meningkat.

Peningkatan konsumsi ikan juga akan berdampak positif bagi pemanfaatan potensi perikanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan, pembudidaya ikan dan pengelola hasil perikanan.

BACA JUGA :  Eka Putra: Jangan Lakukan Pungutan di Luar Aturan

Melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan atau gemarikan diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat dan halal dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Terakhir dapat meningkatkan tingkat angka konsumsi ikan di Tanah Datar meskipun dari tahun ke tahun sudah meningkat,” kata Sekda.

Turut hadir, Asisten Ekonomi Dan Pembangunan, Alfian Jamrah, Kepala OPD Yang Terkait Dengan Kegiatan Forikan, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar, Pengurus Forikan Kabupaten Tanah Datar, Ketua TP PKK Kecamatan Se-kabupaten Tanah Datar, dan lainnya. (Dwi)