Deteksi Dini Bencana yang Akan Terjadi, EWS Akan Dipasang di Dua Nagari

113

Padangexpo.com, Tanah Datar -Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama BNPB akan memasang alat Sistem Peringatan Dini (Early Warning System) yang merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya Bencana Alam.

Sebagaimana disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. saat mengecek bantaran Sungai Pasca Banjir Bandang dikawasan Nagari Rao-rao dan Nagari Pasie Laweh bersama Dandim 0307 Tanah Datar, Kapolres Tanah Datar, Ketua TP-PKK Tanah Datar, Kalaksa BPBD Tanah Datar, Camat Sungai Tarab, Walinagari Pasie Laweh dan Walinagari Rao-Rao, Rabu (22/5).

Bupati Eka Putra sampaikan EWS perlu di sosialisasikan kepada Masyarakat, yang akan berfungsi sebagai peringatan dini untuk menghindari korban jiwa akibat Bencana Alam.

“Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Daerah bersama BNPB akan memasang alat EWS di Nagari Pasie Laweh dan Nagari Rao-rao untuk mendeteksi bencana yang akan terjadi, untuk itu mohon dukungan dan komitmen dari Masyarakat untuk menjaga alat tersebut,” ujarnya.

Bupati Eka Putra jelaskan EWS dan sekaligus serine direncanakan dipasang di Ladang Baringin di lokasi Sabo Dam saat ini, serine juga akan pasang di beberapa titik di Nagari Pasia Laweh dan Nagari Rao-Rao.

“Mudah-mudahan alat ini, segera bisa dimanfaatkan, karena alat tersebut, sangat menguntungkan bagi kita semua, ketika terjadi berbagai Bencana Alam,” ujarnya.

Terkait pantauan menggunakan Drone sepanjang aliran Sungai di Jorong Lumbung Bapereng, Bupati Eka mengatakan sejauh 1 Kilo Meter (KM) lebih ke arah hulu terlihat ada bebatuan besar, dengan demikian dalam waktu dekat akan di turunkan tim teknis ke hulu untuk memecahkan batu tersebut.

“Telah kami periksa mengunakan pesawat tanpa awak atau Drone, kami melihat ada bebatuan besar, ini akan kami laporkan untuk segera ditangani oleh tim teknis. Bisa jadi, ada pemecahan mengunakan dinamit, untuk itu, jangan panik dan tetap waspada,” ujarnya.

BACA JUGA :  “BASTRONG” Muda, Kreatif, Inovatif dan Berkarya Upaya Peningkatan Kualitas Industri Kreatif Seni Pertunjukan Pasca Pandemi CoVID-19

Tidak hanya itu, Bupati Eka Putra menghimbau kepada Masyarakat apabila curah hujan yang tinggi diharapkan untuk menjauh dari aliran sungai dan mencari tempat aman.

“Kita harus peka, terhadap tanda-tanda alam yang terjadi, jika melihat ada kemungkinan bencana alam, segera jauhi aliran sungai dan cari tempat aman,” ujarnya.

Sementara itu, Walinagari Pasie Laweh Hidayat menyambut baik apa yang disampaikan Bupati. “Terimakasih pak Bupati, kami bersama Masyarakat menyambut baik pemasangan alat peringatan dini bencana tersebut dan kami bersedia untuk menjaga demi keselamatan kita semua,” ucapnya. (Dwi)