Mata Lensa Menuju Dunia

91

Padangexpo.com, Tanah Datar -Keberadaan Fotografer atau biasa di sebut Lensa untuk mendokumentasikan kegiatan kepala daerah sangat mempunyai peran penting bagi pemerintah dan masyarakat, agar informasi yang di terima oleh masyarakat itu valid. Lensa merupakan salah satu corong informasi yang memberikan gambaran kegiatan kepala daerah terhadap masyarakat melalui foto dan video yang di tayangkan oleh Prokopim atau Humas Pemda.

Adalah Fananda Arianaga, 24 tahun dengan nama Lensa Arianaga adalah sosok muda yang selalu menempel pada kegiatan kepala daerah di Kabupaten Tanah Datar. Lewat bidikan kameranya, dunia mengenal Kabupaten Tanah Datar, terkhusus saat ini Tanah Datar sedang di Landa musibah bencana alam banjir bandang (Galodo) dan tanah longsor. Melalui jepretan kameranya, Arianaga menyampaikan pesan kepada dunia bahwa ini yang sedang terjadi di Tanah Datar. Ada pesan moral yang kuat yang di sampaikan Lensa pada foto tersebut.

Lensa Arianaga sudah 5 tahun lebih berkecimpung di dunia fotografi. Beberapa penghargaan sudah pernah di raihnya, antara lain, best photography pada International Photography Award 8 th 35Awards, di tahun 2023, best photography di 5th 35Awards, International Photography Award di Moscow tahun 2020, best photography dari DigiRAP International Photo Circuit 2022, serta penghargaan dari Raffles Photography Award 2020 dengan kategori the best photo. Masih banyak penghargaan lainnya yang di terima oleh Fananda Arianaga selaku fotografer dan Lensa.

“Semua itu berkat kerja keras dan kemauan untuk belajar, saya memang hobinya dari dulu adalah fotografi. Dan itu yang saya dalami hingga sekarang. Sudah lima tahun lebih saya menjadi lensanya Bupati Eka Putra. Melalui hasil bidikan dan jepretan saya, saya ingin mengabarkan kepada dunia bahwa foto dan gambar juga bisa memvisualisasikan sebuah cerita,” ujar Nanda Arianaga, Kamis (23/05).

BACA JUGA :  Tergabung dalam Timnas U-23, Dua Anggota Polri Diapresiasi Kadiv Humas

Rehan Deny, 35 tahun adalah lensa yang di tugaskan dari Prokopim Setda Tanah Datar. Hampir sama dengan Fananda Arianaga, Rehan selalu mendampingi Bupati Tanah Datar untuk mendokumentasikan kegiatan Bupati melalui bidikan lensanya. Selain itu, Rehan juga di kenal sebagai jurnalis yang selalu memberikan informasi kepada masyarakat Tanah Datar melalui produk jurnalisnya. Lensa Rehan juga punya beberapa prestasi terkait hasil jepretan kameranya, salah satunya adalah Juara 1 video profil terbaik pada ajang aplikasi di tahun 2019 dan juara pada the best photo dengan judul lirikan anak daro di festival Pesona Sumpu, itu sedikit prestasi yang di ungkap oleh Rehan yang sudah mengabdi hampir 7 tahun menjadi staf Prokopim Setda Kabupaten Tanah Datar.

“Saya berharap dengan Poto atau video kami bisa memberikan sumbangsih dalam menginformasikan momen penting yang terjadi kepada masyarakat Tanah Datar khususnya dan dunia umumnya,” papar Rehan Deny. (Dwi)