Perdana, Program Simponi di Ujung Jari di Luncurkan di Nagari Tanjung oleh Bupati Eka Putra

86

Padangexpo.com, Tanah Datar ‘Program Simponi (Sistem Informasi dan Pelayanan oleh Nagari) di Ujung Jari yang di luncurkan oleh pemerintahan Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang, Tanah Datar, Kamis (2/5) langsung di resmikan oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintahan nagari Tanjung yang telah berinovasi dengan membuat sistem informasi dan pelayanan oleh nagari di ujung jari.

“Luar biasa program Simponi di Ujung Jari ini. Perdana di Tanah Datar di laksanakan oleh Negari Tanjung. Tentunya inovasi ini adalah bentuk tekad dan semangat dari pemerintahan nagari untuk terus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan dalam rangka menciptakan data dan informasi yang akurat di nagari,” tutur Bupati Eka Putra pada kata sambutannya.

“Kami terus mendukung dan mengarahkan baik organisasi perangkat daerah maupun nagari-nagari agar dapat mengembangkan inovasi. Inovasi daerah merupakan media bagi pemerintah untuk mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat yang lebih produktif, efektif dan efisien. Inovasi menjadi hal yang harus di lakukan oleh seluruh elemen pemerintahan di Indonesia,” imbuh Bupati Eka putra.

Kemudian, Bupati Eka Putra juga menambahkan bahwa inovasi bukan tujuan tapi cara meningkatkan kinerja nagari dalam mencapai tujuan pemerintahan nagari dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Peningkatan pelayanan ini di harapkan berdampak pada peningkatan kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan tepat waktu dan juga terhadap peningkatan kualitas data kependudukan. Untuk itu, kita terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sebagai bukti kerja nyata, pada masa 100 hari pertama saya menjabat sebagai Bupati, yaitu pada Mei 2021, Pelayanan Publik Tanah Datar di Ujung Jari,” ujar Bupati Tanah Datar tersebut.

BACA JUGA :  SLB Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Tanah Datar Terima Bantuan 1,1 Milliar

Ridwan Amri, Walinagari Tanjung mengatakan bahwa program Simponi ini bertujuan untuk pengelolaan nagari yang efisien, efektif dan transparan.

“Sistem informasi nagari mengintegrasikan data kependudukan, pembangunan, ekonomi dan aspek relevan lainnya. Selain itu, dengan adanya Simponi ini bisa membuat akses data mudah, pengelolaan data efisien, keputusan berbasis data, pengembangan, identifikasi potensi dan tantangan. Artinya di sisi lain masyarakat juga dapat dengan mudah mengakses informasi terkait pelayanan publik, program pembangunan yang sinkron dengan program pemerintah daerah dan kegiatan nagari lainnya,” ujar Ridwan Amri.

“Simponi merupakan salah satu aspek penting dalam upaya mewujudkan tata cara kelola pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel. Data yang akurat dan up to date sangat di perlukan untuk mendukung pengambilan keputusan yang efektif dan efisien dalam pengelolaan nagari. Untuk itu, kami berharap agar program ini juga bisa bersinergi dengan program pemerintah daerah melalu program unggulan yang nantinya Simponi bisa menjadi salah satu ikon untuk Nagari Tanjung,” lanjutnya.

Terakhir, Ridwan Amri juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tanah Datar yang telah menganggarkan dana untuk lanjutan pembangunan jalan ngalau sosa sebesar Rp 500 juta.

Kegiatan lounching Simponi di Ujung Jari ini juga di hadiri oleh anggota DPRD Tanah Datar, Kadis Kominfo, Kadis PMDPPKB, Dirut PDAM, Forkopimca serta Walinagari se-Tanah Datar dan tamu undangan lainnya. (Dwi)